-->

Wisata Alam Sumber Biru Wonosalam, Alternatif Menikmati Kuliner di Tengah Aliran Sungai

fikriamiruddin.com - Wisata Alam Sumber Biru merupakan salah satu wisata alam yang berlokasi di Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Tepatnya berada di kawasan lereng gunung Anjasmoro. Konon Wisata Alam ini dinamakan Sumber Biru lantaran dahulu terdapat pohon beringin besar. Nah, dari pohon beringin itu keluar air yang seakan-akan berwarna biru, sebab berada di tengah rimbunnya pohon.

Sumber Biru

Kini, Sumber Biru dikenal sebagai tempat wisata alam yang cukup populer di kalangan masyarakat. Di sini para pengunjung tak hanya disuguhi pemandangan alam yang cukup memukau, melainkan juga disuguhi wisata kuliner di atas aliran sungai yang cukup jernih. Jadi, di Wisata Alam Sumber Biru ini kita bisa bersantai di tengah aliran sungai lengkap dengan meja dan tempat duduk, beserta berbagai macam makanan dan minuman yang siap dipesan.

Keunggulan dari wisata alam ini, yakni desain tempat makan yang cukup menarik. Dalam hal ini, pengelola mendesain meja dan kursi berada di tengah aliran sungai agar para pengunjung bisa menikmati sensasi makan di atas sungai yang mengalir. Tak hanya itu, jembatan pun dihias dengan warna-warni sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Oh ya, di Wisata Alam Sumber Biru ini juga bisa dinikmati pada malam hari. Sehingga para pengunjung bisa merasakan sensasi keindahan dari hiasan cantik lampu yang sudah disiapkan. Maka dari itu, suasana dari wisata alam ini begitu romantis ditambah dengan udara yang sejuk khas pegunungan. Tak hanya itu, dinginnya air yang jernih di sepanjang aliran sungai juga menjadi daya tarik tersendiri.

Selain spot foto yang cukup populer dan instagramble, di tempat wisata ini juga terdapat situs bersejarah, yakni Tapak Seno yang merupakan jejak kaki tokoh pewayangan bernama Seno. Lokasinya masih berada di dalam wisata alam Sumber Biru. Karena itu, tidak ada salahnya apabila kita mampir sejenak untuk berwisata sejarah.

Baca Juga: Cafe Sawah Pujon Kidul Sebagai Alternatif Ngopi di Alam Terbuka

Sumber Biru

Untuk sampai di lokasi Wisata Alam Sumber Biru ini apabila dari arah Surabaya, kita bisa menuju arah Krian menuju Mojoagung, Jombang. Nah, dari Mojoagung kita bisa belok ke kiri menuju Wonomerto, Wonosalam, Jombang. Sedangkan apabila dari arah Nganjuk, kita bisa melalui Mojowarno, Bareng, kemudian menuju Wonomerto. Sementara itu, dari arah Malang, kita bisa melalui Kandang, Bareng, kemudian langsung menuju Sumber Biru.

Sampai tulisan ini ditulis, Harga Tiket Masuk (HTM) dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Sedangkan untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Wisata Alam Sumber Biru ini dibangun di atas lahan milik warga yang dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Padahal, dahulu aliran sungai yang ada tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun, kini Wisata Alam Sumber Biru menjadi salah satu wisata populer di Kabupaten Jombang, bahkan di Jawa Timur.

Baca Juga: Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro

Sumber Biru

Apabila teman-teman ingin berwisata alam di Sumber Biru Wonosalam ini pastikan kita datang sesuai jam operasionalnya. Nah, wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB.

Namun, teman-teman harus berhati-hati lantaran jalan akses menuju lokasi Wisata Alam Sumber Biru lumayan ekstrem apalagi ketika hujan turun. Meskipun demikian, proses yang sudah dilalui tentu akan terbayar lunas dengan pemandangan yang sejuk khas pegunungan, dilengkapi aliran sungai yang jernih.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Pendakian Gunung Ringgit 1250 Mdpl Situbondo. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Wisata Alam Sumber Biru Wonosalam, Alternatif Menikmati Kuliner di Tengah Aliran Sungai"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel