-->

Cafe Sawah Pujon Kidul Sebagai Alternatif Ngopi di Alam Terbuka

fikriamiruddin.com - Bagi kalian yang ingin menikmati sensasi ngopi dengan suasana sejuk dilengkapi pemandangan hamparan gunung yang begitu memukau, kini kalian tidak perlu lagi naik gunung dan mempersiapkan segala perlengkapan dengan matang. Hal itu lantaran saat ini ada alternatif tempat ngopi di alam terbuka yang tepatnya berada di Kabupaten Malang, yakni Cafe Sawah Pujon Kidul.
Cafe Sawah Pujon Kidul Sebagai Alternatif Ngopi di Alam Terbuka

Cafe Sawah Pujon Kidul sendiri secara administratif berada di wilayah Desa Wisata Pujon Kidul, Pujon, Malang, Jawa Timur. Untuk dapat sampai di Cafe Sawah terdapat beberapa alternatif jalur, di antaranya apabila kalian berangkat dari pusat Kota Malang, kalian bisa memilih jalur yang mengarah ke Kota Wisata Batu terlebih dahulu. Kemudian setelah melewati daerah Payung, maka kalian akan menemukan simpang tiga patung sapi.

Dari pertigaan kalian bisa masuk ke dalam gang yang berada tepat di sebelah kiri jalan yang bernama Gang Beringin. Di pintu masuk gang ini sebenarnya juga ada papan petunjuk yang mengarahkan kalian ke lokasi Cafe Sawah. Dari Gang Beringin ini kalian bisa lurus saja sekitar 4 KM, setelah sampai di pertigaan, kalian bisa melanjutkan lurus saja. Kemudian tak jauh dari sini di sebelah kiri jalan terdapat sebuah sekolah, nah tak jauh dari sekolah Cafe Sawah sudah terlihat.

Cafe Sawah Pujon Kidul tidak menarik biaya retribusi masuk lokasi Cafe. Namun, setiap pengunjung akan dikenakan tarif biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat. Selain itu, pengunjung biasanya akan ditawari voucher seharga Rp. 8.000 yang bisa digunakan untuk masuk ke beberapa wahana bermain. Selain itu, voucher juga bisa ditukar dengan berbagai macam makanan dan minuman seharga Rp. 5.000.

Oh iya, kalian juga perlu tahu informasinya mengenai jam buka dan tutup Cafe Sawah Pujon Kidul. Jangan sampai ketika kalian datang ke sana Cafe Sawah sedang tutup, kan patut disayangkan. Jadi, jam operasional Cafe Sawah Pujon Kidul adalah mulai pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 19.00 WIB khusus weekday, sedangkan weekend biasanya Cafe Sawah akan tutup pada pukul 22.00 WIB.

Sedangkan untuk menu makanan yang ditawarkan di Cafe Sawah Pujon Kidul ini terbilang masih cukup sederhana dan khas pedesaan, di antaranya ada nasi jagung, bakso, nasi goreng, ayam goreng, lalapan mujaer, dan lain sebagainya. Untuk minuman tersedia beberapa pilihan di antaranya kopi, teh, susu, dan lain sebagainya. Harga makanan dan minuman di Cafe Sawah Pujon Kidul ini bisa dibilang terjangkau.

Baca Juga: Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro

Selain menawarkan makanan dan minuman, Cafe Sawah Pujon Kidul juga menawarkan banyak spot-spot untuk berfoto di antaranya sebagai berikut. Pertama, Taman Cinta, merupakan taman dengan kumpulan tanaman hias dan bunga-bunga yang dibentuk sedemikian rupa. Kedua, Gubuk, merupakan tempat berteduh yang ada di tengah hamparan sawah, sehingga sulit ditemui di kota-kota besar.

Ketiga, Papan Nama Desa Wisata Pujon Kidul, merupakan papan nama yang didesain dengan perpaduan dan desain yang cukup menarik untuk di pandang. Keempat, Jembatan kayu, merupakan jembatan yang menghubungkan kolam air dengan dilengkapi pemandangan tanaman hias. Kelima, tempat duduk kayu, merupakan tempat duduk dari kayu yang didesain dengan nuansa klasik khas pedesaan.

Keenam, kolam ikan, merupakan hamparan kolam yang berisi ikan dan didesain dengan beragam bentuk sehingga cukup estetik. Ketujuh, lanskap hamparan sawah dan pegunungan, merupakan area foto dengan menampilkan hamparan sawah hijau dilengkapi gagah pegunungan yang cukup memanjakan mata.

Setelah puas berfoto di beberapa spot unik, ketika akan meninggalkan lokasi jangan lupa membeli oleh-oleh suvenir dan sayur-sayuran segar yang ada di sepanjang lokasi Cafe Sawah. Aneka sayuran segar seperti tomat, kembang kol, terong, yang tumbuh alami tanpa pestisida kimia menjadikannya keunggulan tersendiri.

Oh iya, dikarenakan Cafe Sawah Pujon Kidul termasuk Desa Wisata yang memberdayakan masyarakat sekitar untuk menumbuhkembangkan perekonomian. Maka di Cafe Sawah terdapat larangan untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Karena itu, alangkah baiknya kita menghargainya dengan membeli makanan, minuman, suvenir, jasa, dan hal-hal lain yang ditawarkan.

Baca Juga: Pendakian Gunung Ringgit 1250 Mdpl Situbondo

Selain itu, menjadi wisatawan yang baik harus memperhatikan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya dan jangan sekali-kali mencoba untuk merusak lingkungan atau merusak spot foto.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Pendakian Gunung Merbabu Via Selo. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cafe Sawah Pujon Kidul Sebagai Alternatif Ngopi di Alam Terbuka"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel