-->

Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro

fikriamiruddin.com - Gunung Pandan merupakan nama salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur. Secara administratif Gunung Pandan berada di wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Nganjuk. Gunung ini termasuk dalam jenis gunung bertipe stratovolcano dengan ketinggian 897 meter di atas permukaan laut. Gunung Pandan saat ini berstatus gunung api istirahat dan telah lama tidak aktif. Selain itu, gunung ini merupakan titik tertinggi dari jajaran pegunungan Kendeng.
Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro

Di lereng Gunung Pandan juga terdapat beberapa waduk, di antaranya yakni Waduk Pacal di Kabupaten Bojonegoro dan Waduk Widas di Kabupaten Madiun. Di kalangan masyarakat sekitar Gunung Pandan dipercaya masih banyak menyimpan kekayaan hayati dan spiritual. Berdasarkan cerita yang beredar, pada zaman dahulu di Gunung Pandan hiduplah seorang tua yang dikenal dengan nama Eyang Derpo.

Masyarakat mengenal Eyang Derpo sebagai orang sakti yang ahli dalam pengobatan. Pada saat itu apabila ada warga masyarakat yang membutuhkan pengobatan alternatif yang tidak dapat disembuhkan secara medis, maka Eyang Derpo-lah yang biasanya rujukan. Oleh karena itu, hingga saat ini banyak juga para peziarah yang berkunjung ke petilasan Eyang Derpo di Gunung Pandan sebagai lantaran terkabulnya keinginan atau disembuhkan dari penyakit.
Petilasan Eyang Derpo Puncak Gunung Pandan
Petilasan Eyang Derpo
Selain legenda Eyang Derpo, masyarakat juga meyakini bahwa kawasan Gunung Pandan sampai saat ini masih banyak dihuni oleh hewan buas, di antaranya macan tutul. Beberapa warga sekitar juga mengaku pernah melihat kemunculan macan tutul tersebut ketika sedang mencari kayu di hutan. Macan tutul sendiri merupakan satu-satunya jenis kucing besar yang masih tersisa di Pulau Jawa. Sebagian besar bisa kita temukan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Untuk dapat mendaki Gunung Pandan ini apabila kita ingin naik kendaraan umum dari Terminal Rajekwesi Bojonegoro kita bisa naik bus jurusan Nganjuk kemudian setelah itu kita bisa turun di Terminal Betek. Dari Terminal Betek ini kita bisa carter mobil atau naik ojek menuju ke Dusun Tugurejo, Desa Klino, Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro. Apabila masih bingung silahkan Gunakan Penduduk Sekitar (GPS) dengan bertanya lokasi Gunung Pandan.

Baca Juga: Pendakian Gunung Ringgit 1250 Mdpl Situbondo

Apabila kita naik kendaraan pribadi dari Kota Bojonegoro kita bisa menuju ke arah selatan ke arah Nganjuk. Setelah sampai di pertigaan Terminal Betek silahkan ambil jalan poros utama yang menghubungkan Kecamatan Gondang dan Sekar. Sepanjang perjalanan nanti kita sudah bisa menyaksikan puncak Gunung Pandan dari kejauhan. Namun, untuk menuju titik awal pendakian kita harus menuju Dusun Tugurejo, Desa Klino, Kecamatan Sekar.

Untuk sampai di Dusun Tugurejo ini dari Kota Bojonegoro kira-kira kita akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit saja. Setelah sampai di Dusun Tugurejo kita bisa istirahat sejenak sembari mempersiapkan perbekalan untuk pendakian. Tak jauh jauh dari Dusun Tugurejo terdapat Pasar Klino untuk membeli perlengkapan yang mungkin dibutuhkan. Dari jalan raya jalan setapak menuju puncak Gunung Pandan sudah terlihat.
Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro
Jalur Pendakian Gunung Pandan
Penduduk Desa Klino khususnya Dusun Tugurejo terkenal ramah-ramah, maka jangan segan untuk bertanya atau sekedar menyapa. Karena itu, apabila kita membawa kendaraan pribadi kita bisa menitipkannya di rumah penduduk sekitar, maka dengan senang hati mereka akan bersedia dititipi. Namun, ada pula beberapa warga sekitar yang menyarankan untuk membawa saja kendaraan roda dua sampai ke pintu gerbang puncak Gunung Pandan.

Benar saja, warga sekitar memang terbiasa ke puncak Gunung Pandan dengan menaiki kendaraan roda dua, namun mayoritas sudah didesain khusus untuk bisa melewati medan pegunungan. Sehingga apabila kita membawa sepeda motor standar pabrik, alangkah baiknya kita titipkan saja di rumah penduduk sekitar, kemudian berjalan kaki menuju ke puncak Gunung Pandan.

Setelah menitipkan kendaraan, dari perkampungan kita akan melewati beberapa ladang penduduk sekitar kemudian jalan menanjak dan mulai masuk ke hutan. Meskipun gunung ini memiliki ketinggian 897 Mdpl, namun namanya gunung tidak bisa diremehkan begitu saja. Selain banyak para peziarah, gunung ini pula nampaknya banyak digunakan masyarakat sekitar untuk berkumpul dan merenung.
Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro
Plakat Petunjuk Menuju Puncak
Setelah sempat keluar masuk hutan dan melewati beberapa pos maka kita akan sampai di gerbang masuk petilasan atau pintu masuk menuju puncak Gunung Pandan. Namun perjalanan masih belum selesai, kita masih harus melewati beberapa batu besar dan tebing dengan kemiringan hampir mencapai 90 derajat. Setelah kurang lebih 1 sampai 2 jam berjalan maka kita akan sampai di puncak Gunung Pandan.

Baca Juga: Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Puncak Gunung Pandan ini berupa tanah lapang dengan dilengkapi beberapa bebatuan besar. Di puncak ini pula terdapat petilasan Eyang Derpo dengan beberapa sesaji yang harus kita hormati dan hargai keberadaannya dengan tidak merusaknya, termasuk tidak melakukan aksi vandalisme. Di dekat petilasan ini pula tersedia pos untuk beristirahat peziarah, pendaki, maupun penduduk sekitar.
Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro
View dari Gunung Pandan
Rincian Detail Perjalanan*
Kota Bojonegoro – Dusun Tugurejo : Kurang lebih 1 jam 45 menit
Pintu masuk hutan – Puncak Pandan : 1 jam
*NB: Waktu tempuh kondisional dan situasional tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki dan kondisi cuaca.

Mungkin itu saja sedikit cerita yang bisa kami bagikan, semoga bisa menginformasi serta menginspirasi kawan-kawan semua. Silahkan baca juga: Pendakian Gunung Argopuro Via Baderan.
#SalamLestari

0 Response to "Pendakian Gunung Pandan 897 Mdpl Via Tugurejo Bojonegoro"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel