-->

Ruang Lingkup Akhlak Sebagai Pokok Ajaran Islam

fikriamiruddin.com - Akhlak dalam berhubungan dengan Allah SWT bentuknya adalah dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Mencintai Allah SWT dan mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Mengakui keagungan Allah SWT sehingga memiliki rasa malu untuk berbuat maksiat. Mengakui Rahmat Allah SWT dalam segala hal, sehingga memiliki kemauan keras untuk berdo’a kepada-Nya dan mencari ridlo Allah SWT serta tidak memiliki sifat putus asa.

Akhlak

Menerima segala keputusan Allah SWT dengan sikap sabar, sehingga tidak akan memiliki prasangka buruk kepada Allah SWT. Beberapa hal di atas cukup penting bagi kehidupan manusia sebab hidup manusia sangat ditentukan oleh Allah SWT. Jika manusia ingin hidup bahagia, baik di dunia maupun di akhirat, maka ia harus bisa menjalin hubungan baik dengan Allah SWT. Sebab, jika Allah SWT murka, maka sengsaralah manusia yang mendapat murka-Nya.

Kemudian akhlak dalam berhubungan dengan sesama manusia bentuknya dengan saling menjalin sikap silaturrahmi, saling menghormati dan saling menghargai, saling tolong menolong, saling menasihati, tidak menyakiti orang lain, baik dalam bentuk perkataan, perbuatan maupun sikap. Tidak bersikap sombong di hadapan orang lain. Mengedepankan sikap maaf jika terjadi perselisihan.

Hubungan baik antara sesama manusia menjadi penting lantaran manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Manusia harus hidup bermasyarakat untuk dapat menunjang kelangsungan hidupnya. Agar kehidupan bermasyarakat bisa berjalan harmonis, maka seseorang harus menjaga sikapnya dalam menjalin hubungan dengan yang lainnya.

Akhlak dalam berhubungan dengan alam bentuknya adalah dengan menjaga kelestarian alam, sebab alam juga makhluk Allah SWT yang berhak hidup layaknya manusia. Hal itu bisa dilakukan dengan cara menyadari bahwa diri manusia diciptakan dari unsur alam, yakni tanah. Dengan demikian, alam adalah bagian diri dari manusia.

Baca Juga: Akhlak Sebagai Pokok Ajaran Agama Islam

Alam harus dilindungi, sebab alam atau lingkungan hidup yang ditempati manusia telah memberi banyak manfaat kepada manusia. Dari mulai air, udara, api, tumbuh-tumbuhan, binatang, sinar matahari, semuanya menjadi bagian penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa mereka, manusia tidak bisa hidup. Manusia tidak bisa makan tanpa ada hewan dan tumbuh-tumbuhan. Manusia tidak bisa berpakaian tanpa ada hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Manusia tidak bisa membangun rumah tanpa ada bumi, air, api, bebatuan, pohon kayu dan lain sebagainya. Manusia juga membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, mandi dan mencuci pakaian. Manusia membutuhkan udara bersih untuk bernapas. Manusia membutuhkan cahaya untuk penerangan. Dalam artian, alam lingkungan di sekitar kita ini bisa menjadi sumber bahan pangan, sumber bahan sandang, sumber bahan bangunan, sumber bahan obat-obatan bagi kehidupan manusia.

Jika manusia tidak bersikap ramah kepada alam, maka alam akan bersikap tidak ramah pula kepada manusia. Jika alam sudah tidak bersikap ramah kepada manusia, yang merugi adalah manusia juga, sebab manusia tidak akan mampu melawan alam. Sebagai contoh, yang sudah banyak terjadi di Indonesia adalah bagaimana manusia tidak mampu melawan ganasnya tsunami, gempa bumi, banjir, semburan lumpur, hembusan angin yang kencang, letusan gunung, derasnya curah hujan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Syari’ah Sebagai Pokok Ajaran Agama Islam

Semua bencana itu adalah dampak dari perilaku negatif manusia terhadap alam. Dalam artian, akhlak yang baik dalam berhubungan dengan alam akan menguntungkan manusia sendiri. Sebaliknya, akhlak yang buruk terhadap alam juga akan merugikan manusia sendiri. Kesimpulannya adalah bahwa akhlak menjadi penting bagi kehidupan manusia, bahkan akhlak menjadi bagian dari ukuran keimanan seseorang.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Akidah Sebagai Pokok Ajaran Agama Islam. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Ruang Lingkup Akhlak Sebagai Pokok Ajaran Islam"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel