-->

Kerja Tidak Sesuai Jurusan Itu Bukan Sebuah Kesalahan

fikriamiruddin.com - Sebagian orang selama ini masih beranggapan bahwa kerja tidak sesuai jurusan itu hanya buang-buang waktu alias sia-sia. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal di antaranya harus kembali mengasah skill atau kemampuan.

Kerja

Ketika seseorang masih duduk di bangku kuliah, tentu ia sedang menempa diri untuk meningkatkan kemampuan sesuai dengan bidang yang digelutinya. Tapi, apabila ia mendapat pekerjaan yang tidak selaras dengan jurusannya, tentu ilmu yang sudah dipelajari selama ini tidak berarti banyak.

Dalam hal ini, waktu yang sudah dihabiskan untuk mempelajari suatu hal juga akan terbuang sia-sia. Selain itu, biaya kuliah yang sudah dikeluarkan untuk mengasah skill, akan tidak sepenuhnya bermanfaat, lantaran bekerja tidak sesuai jurusan.

Padahal, realita yang terjadi di Indonesia dunia pendidikan memang belum selaras dengan kebutuhan di dunia kerja. Oleh karena itu, tenaga kerja yang tersedia kebanyakan kurang sesuai dengan kebutuhan industri.

Pada tahun 2017, Kementerian Tenaga Kerja mengungkapkan bahwa industri sebaiknya juga memperhatikan sertifikat atau skill tertentu, bukan hanya berpatokan pada ijazah saja. Sehingga diharapkan dunia pendidikan bisa selaras dengan realita dunia kerja.

Terlepas dari itu, dengan bekerja tidak sesuai jurusan, setidaknya kita bisa mempelajari dan memiliki pengalaman baru. Yang penting kita mau untuk terus berkembang dengan belajar dan serius menekuninya.

Baca Juga: Menjadi Pembaca Setia Ramalan Zodiak Adalah Sebuah Kebanggaan

Sebagai seorang yang juga bekerja tidak sesuai jurusan, saya justru menikmatinya. Memang pada awalnya saya sulit beradaptasi, namun seiring berjalannya waktu semua yang pernah dipelajari pasti akan berguna.

Berani memutuskan untuk bekerja tidak sesuai jurusan, sama halnya dengan kita keluar dari zona nyaman. Dalam hal ini, kita tentu akan merasa tertantang untuk terus mengembangkan potensi lebih dalam.

Oleh karena itu, semakin banyak hal yang kita coba, maka semakin banyak pula pengalaman dan pelajaran yang didapatkan. Nah, dari pengalaman inilah lambat laun kita akan menemukan passion dan pekerjaan yang memang cocok bagi diri kita.

Nah, dari sini tidak ada salahnya untuk kuliah lagi agar linier dengan bidang yang sedang kita tekuni dalam pekerjaan. Banyak kok orang-orang di luar sana rela menghabiskan waktu dan biaya untuk kuliah lagi lantaran sudah nyaman dengan pekerjaan yang digeluti saat ini.

Selain itu, dengan bekerja tidak sesuai jurusan, tentu akan membuat lingkaran teman dan relasi kita menjadi lebih luas serta lintas bidang. Sehingga peluang untuk meningkatkan karir dan kemampuan jadi terbuka lebar.

Apalagi dunia kerja itu soal mengembangkan pola pikir dan keaktifan seseorang. Dalam hal ini, perusahaan biasanya lebih mengedepankan orang yang aktif, mudah bergaul, dan bisa dengan mudah beradaptasi dengan berbagai situasi dan kondisi.

Pasalnya, bekerja tidaklah sesulit belajar di perguruan tinggi. Ketika kuliah, kita memang diajarkan banyak konsep dan teori. Namun, dalam dunia kerja teori tidak begitu diperlukan di bidang tertentu lantaran semua orang bisa mempelajarinya pelan-pelan.

Maka dari itu, kita sering dihadapkan fakta bahwa mencari pekerjaan yang tidak sesuai jurusan saja sulit. Apalagi, diharuskan mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan atau bidang yang benar-benar ditekuni.

Ditambah lagi praktik nepotisme dalam dunia kerja Indonesia bukanlah sesuatu yang asing lagi. Sehingga dalam hal ini, banyak pekerja yang sebenarnya bukan bidangnya, namun dapat bekerja di perusahaan, lembaga, atau instansi tertentu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Cewek untuk Membahagiakan Pasangan

Karena itu, alangkah baiknya kita jalani dan syukuri pekerjaan yang ada saat ini. Toh, kerja tidak sesuai jurusan itu bukanlah hal yang salah, lantaran ketika sudah terjun di dunia kerja dan menekuninya semua pasti akan mudah dijalani.

Meskipun demikian, memang ada baiknya apabila kita bekerja sesuai dengan jurusan, agar dapat cepat beradaptasi tanpa harus bersusah payah mempelajari skill atau bidang baru. Tapi, faktanya tidak semua orang seberuntung itu.

Karena itu, yang terpenting jangan pernah takut gagal dan mencoba hal-hal baru. Bisa jadi, hal-hal baru yang kita coba akan mengantarkan kita pada pekerjaan dan lingkungan yang lebih baik serta sesuai dengan diri kita.

Dengan modal pelajaran dan pengalaman hidup serta tekun menjalaninya. Bukan tidak mungkin pekerjaan yang ditekuni saat ini bisa membuat kita lebih unggul dan lebih bermanfaat dibanding mereka yang bekerja sesuai dengan jurusan.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: 5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Hanya untuk Mengubah Penampilan. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Kerja Tidak Sesuai Jurusan Itu Bukan Sebuah Kesalahan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel