-->

Informasi Beasiswa Lengkap S1 S2 S3 Pemerintah Rumania Tanpa Sertifikat Bahasa

fikriamiruddin.com - Setiap tahunnya Pemerintah Rumania menawarkan beasiswa belajar di Rumania untuk mahasiswa asing, termasuk pelajar Indonesia. Beasiswa ini tersedia lengkap di semua jenjang pendidikan tinggi mulai jenjang S1 (Sarjana), Magister (S2), dan Doktoral (S3). Apabila terpilih, penerima beasiswa nantinya akan dibebaskan biaya registrasi kampus, biaya kursus persiapan bahasa Rumania, dan biaya perkuliahan sesuai masa program studi.

Selain itu, penerima beasiswa akan mendapatkan uang saku bulanan, biaya akomodasi untuk asrama mahasiswa, asuransi kesehatan, dan diskon untuk perjalanan lokal dan antar kota di Rumania. Namun sayangnya, beasiswa Pemerintah Rumania ini tidak mencakup biaya transportasi internasional, serta biaya lain yang mungkin muncul, seperti biaya visa, biaya terjemah ijazah dan transkrip, surat kesehatan, dan keperluan pribadi lainnya.

Dalam hal ini, program S1 dan S2 disediakan dalam bahasa Pengantar Rumania, sementara program S3 bisa disesuaikan dengan bahasa pengantar program studi yang ditawarkan, misalnya bahasa Inggris atau bahasa lainnya. Bagi mereka yang belum mahir bahasa Rumania, akan ditawarkan kursus bahasa Rumania selama satu tahun awal kedatangan.

Sedangkan bidang studi prioritas untuk beasiswa Rumania ini di antaranya adalah arsitektur, seni visual, budaya dan peradaban Rumania, jurnalisme, ilmu politik dan administrasi, ilmu pendidikan, ilmu sosial dan humaniora, studi-studi teknik, minyak dan gas, ilmu pertanian, dan kedokteran hewan. Namun, beasiswa ini tidak tersedia untuk bidang kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Lengkap S1 sampai S3 di Korea Selatan Terlengkap

Syarat Pendaftaran:
1. Warga Negara Asing dari semua negara di dunia, kecuali negara-negara anggota Uni Eropa.
2. Pemohon beasiswa tidak memang kewarganegaraan Rumania, tidak meminta atau tidak mendapatkan bentuk penlingkungan di Rumania, bukan orang tanpa kewarganegaraan yang kediamannya di wilayah Rumania secara resmi diakui menurut hukum, bukan anggota diplomatik korps yang terakreditasi untuk Bukares atau anggota korps diplomatik yang terakreditasi di Rumania. Belum mendapatkan manfaat beasiswa dari negara Rumania pada program studi yang sama.
3. Memiliki capaian pendidikan yang baik, memiliki hasil yang baik dalam pendidikan, masing-masing rata-rata nilai studi minimal 7 (tujuh) sesuai dengan sistem penilaian di Rumania atau skor “Baik”.
4. Menyerahkan berkas lengkap.
5. Melengkapi dokumen studi (ijazah dan transkrip) yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan terakreditasi/akui di negara asal.
6. Mematuhi batas waktu pendaftaran.

Dokumen Persyaratan:
1. Salinan ijazah yang diperoleh (diploma atau yang setara, ditambah gelar sarjana, master, doktor, jika tersedia) dan terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol atau Rumania, jika ada.
2. Salinan transkrip studi yang telah selesai dan terjemahan resminya ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika tersedia.
3. Salinan akta kelahiran (atau dokumen yang setara) dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika ada.
4. Salinan tiga halaman pertama paspor atau dokumen identitas nasional (KTP) dan terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, atau Rumania, jika ada.
5. Curriculum Vitae dalam bahasa Inggris atau Prancis.
6. Untuk jalur doktoral, kandidat perlu menyerahkan letter of intent yang berisi daftar karya ilmiah, publikasi khusus, dan uraian terperinci mengenai proyek penelitian yang diusulkan. Kemudian persetujuan dari tutor yang merupakan dosen dari sekolah doktoral yang dituju. Kedua dokumen harus ditulis dalam bahasa Inggris, Prancis, atau Rumania.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Kuliah Penuh S2 dan S3 Pemerintah Malaysia

Cara Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Rumania dilakukan secara online. Siapkan dokumen aplikasi yang tertera di atas kemudian ajukan di laman Study in Romania. Buat akun terlebih dahulu sebelum mengunggah berkas. Dalam hal ini, kita bisa membuat akun terlebih dahulu sebelum mengunggah berkas. Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Rumania jenjang S1, S2, dan S3 ini dibuka mulai dari bulan Desember hingga awal Maret.

Dengan demikian, kita dapat melihat daftar pilihan universitas serta program studi yang tersedia di https:/studyinromania.gov.ro/. Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, beasiswa S1 dan S2 hanya tersedia untuk program studi berbahasa pengantar Rumania. Sementara itu, program beasiswa S3 sesuai dengan bahasa pengantar tiap-tiap program studi.

Dalam hal ini, hasil akhir seleksi beasiswa akan diumumkan melalui email masing-masing calon penerima beasiswa. Kemudian bagi mahasiswa yang diterima, Kementerian Pendidikan Rumania akan menerbitkan “Letter of acceptance for studies in Romania”, yang mencantumkan kewajiban (jika diperlukan) untuk menyelesaikan kursus persiapan bahasa Rumania sekaligus tempat perguruan tinggi studi yang diambil.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Informasi Beasiswa Kuliah S3 Penuh Universiti Brunei Darussalam Terlengkap. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Informasi Beasiswa Lengkap S1 S2 S3 Pemerintah Rumania Tanpa Sertifikat Bahasa"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel