-->

Informasi Beasiswa Kuliah Penuh S2 dan S3 Pemerintah Malaysia

fikriamiruddin.com - Bagi para pencari beasiswa kuliah, tentu program yang diprakarsai oleh Pemerintah Malaysia ini sudah tidak asing lagi. Beasiswa ini termasuk yang paling kompetitif di wilayah Asia Tenggara. Program beasiswa kuliah yang disediakan langsung oleh Pemerintah Malaysia ini bernama Malaysian International Scholarship (MIS). Beasiswa ini secara khusus diperuntukan bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 di Malaysia.

Beasiswa Pemerintah Malaysia akan menanggung dari mulai biaya perkuliahan, biaya hidup bulanan sekitar RM 1.500. Di luar biaya tersebut biasanya akan ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa, namun tidak menutup kemungkinan kita juga akan mendapatkan tambahan tunjangan sesuai kebutuhan. Beasiswa S2 akan diberikan maksimum 24 bulan, sedangkan beasiswa S3 maksimum 36 bulan.

Setiap program beasiswa tentu saja memiliki target atau sasaran masing-masing. Kebetulan beasiswa dari Pemerintah Malaysia ini menyasar mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni Master dan Doktoral. Selain itu, disarankan memiliki latar belakang bidang studi yang linier dengan bidang studi priotitas.

Bidang studi prioritas dari program beasiswa ini di antaranya adalah Sains dan Teknik, Perikanan dan Pertanian, Keuangan Berbasis Islam dan Ekonomi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Biosekuritas dan Keamanan Pangan, Bioteknologi, Infrastruktur dan Utilitas, Kesehatan, serta Studi Ekologi dan Lingkungan. Dalam hal ini, pelamar bisa menyesuaikan bidang studi sesuai yang tersedia di universitas atau instansi yang dipilih.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Kuliah S3 Penuh Universiti Brunei Darussalam Terlengkap

Persyaratan:
- Usia tidak lebih dari 40 tahun bagi S2 dan 45 tahun bagi S3
- Bagi pelamar Master (S2), memperoleh IPK minimal 3.00/4.00 pada program sarjana
- Bagi pelamar Doktora (S3), memperoleh IPK minimal 3.00/4.00 pada program master di program studi linier dengan program studi yang dipilih
- Mahir berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan IELTS atau TOEFL. Skor menimal yang dibutuhkan yaitu skor IELTS minimal 6.0, TOEFL PBT minimal 550, atau pelamar memperoleh gelar sebelumnya dengan bahasa Inggris sebagai pengantar juga dapat diterima (menunjukkan bukti yang relevan)
- Menulis proposal minimal 1000 kata yang relevan dengan bidang studi yang dipilih.

Dokumen yang Diperlukan:
1. Formulir aplikasi (diisi secara online)
2. Salinan paspor dilegalisir sebagai bukti kewarganegaraan (minimum masa berlaku 6 bulan)
3. Salinan ijazah dan transkrip akademik dilegalisir
4. Salinan sertifikat keterampilan bahasa Inggris dilegalisir (TOEFL/IELTS)
5. Surat rekomendasi dari dua (2) pemberi rekomendasi (misalnya dosen, pembimbing, atasan kerja, atau bisa juga calon pembimbing di univeritas yang dituju)
6. Formulir endorsement
7. Admission letter dari universitas/perguruan tinggi Malaysia (jika ada)
8. Curriculum Vitae
9. Proposal riset yang relevan dengan bidang studi yang dipilih.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Kuliah Penuh Pemerintah Brunei Darussalam untuk S1 dan S2 Terlengkap

Pendaftaran:
Pendaftaran beasiswa Pemerintah Malaysia dilakukan secara online dengan melengkapi seluruh dokumen aplikasi yang diminta di atas. Dokumen bisa discan dan dibuat dalam format PDF sebelum diajukan online. Pendaftaran online dilakukan di laman https://biasiswa.mohe.gov.my/ silahkan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan akun, mengisi formulir online, dan mengunggah lampiran file yang dibutuhkan.

Pendaftaran beasiswa akan dibuka antara bulan Mei-Juni setiap tahunnya. Dalam hal ini, pelamar dapat memilih maksimal 3 Universitas di Malaysia atau Institusi Pendidikan Tinggi seperti yang tercantum dalam sistem aplikasi nantinya. Dengan demikian, kita bisa menetapkan pilihan pada universitas di Malaysia yang dianggap sesuai, tepat, dan relevan dengan riwayat pendidikan kita.

Apabila terdapat pertanyaan seputar beasiswa Pemerintah Malaysia bisa langsung kontak alamat email resmi international@mohe.gov.my. Apabila teman-teman berminat untuk daftar besiswa ini bisa mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan mulai sekarang.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali, silahkan baca juga: Privasi di Masyarakat Informasi. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Informasi Beasiswa Kuliah Penuh S2 dan S3 Pemerintah Malaysia"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel