-->

Informasi Beasiswa Hungaria Lengkap Semua Jenjang S1, S2, S3 dan Non Gelar

fikriamiruddin.com - Bagi kita yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di Eropa, mungkin beasiswa Pemerintah Hungaria ini bisa menjadi salah satu alternatifnya. Dalam hal ini, Pemerintah Hungaria menawarkan beasiswa lengkap dari jenjang S1, S2, S3, bahkan program pendidikan non gelar bersertifikat. Beasiswa ini dibuka bagi pelamar di seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi di kampus-kampus terkemuka yang ada di Hungaria.

Beasiswa Pemerintah Hungaria ini juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI sebagai Sending Partner dalam proses seleksi pelamar beasiswa. Beasiswa ini memiliki program studi prioritas di antaranya Ilmu Pengetahuan Alam, Ekonomi, Teknologi Informasi, Ilmu Teknik, Ilmu Seni, dan Keolahragaan.

Hungaria merupakan salah satu negara yang memiliki biaya studi cukup terjangkau dibandingkan negara Eropa lainnya. Bagi mahasiswa Internasional terdapat beberapa bidang studi yang menggunakan pengantar bahasa Inggris. Selain itu, dengan komposisi masyarakat yang multikultural, tentu menjadi daya tarik sendiri dalam hal interaksi sosial, pengalaman, dan proses belajar yang menyenangkan.

Beasiswa Pemerintah Hungaria ini populer dikenal dengan beasiswa Stipendium Hungaricum yang sudah ada sejak tahun 2013. Hingga artikel ini tulis, beasiswa ini sudah tersedia bagi hampir 80 negara. Setiap tahunnya, beasiswa ini menerima setidaknya sekitar 5000 mahasiswa internasional yang berkuliah di Hungaria.

Cakupan dari beasiswa Stipendium Hungaricum ini di antaranya biaya kuliah, tunjangan hidup bulanan, akomodasi asrama atau tunjangan akomodasi tempat tinggal, dan asuransi kesehatan. Selain itu, sebagai penerima beasiswa ini, tentu kita akan memiliki kesempatan terbuka dalam berjejaring dalam skala internasional.

Baca Juga: Informasi Beasiswa Lengkap S1 S2 S3 Pemerintah Rumania Tanpa Sertifikat Bahasa

Persyaratan Pendaftaran:
1. Mahasiswa internasional dan mendapat rekomendasi dari lembaga pendidikan di negara asal (mahasiswa Indonesia harus mendapat rekomendasi dari Kemendikbud Ristek)
2. Berumur lebih dari 18 tahun
3. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi di Hungaria
4. Mendaftar ke universitas dan jurusan yang ditawarkan oleh beasiswa ini.

Dokumen Pendaftaran:
1. Formulir Pendaftaran Online
2. Esai yang berisi alasan kita mendaftar beasiswa dan rencana kontribusi
3. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS, TOEFL, atau sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris lainnya yang diakui) atau kemampuan berbahasa Hungaria (sesuai ketentuan program studi pilihan pelamar)
4. Ijazah terakhir dan terjemahnya dalam bahasa program studi pilihan pelamar atau Bahasa Hungaria
5. Transkrip nilai dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan pelamar atau Bahasa Hungaria
6. Sertifikat prestasi akademik dan terjemahannya dalam bahasa program studi pilihan pelamar atau Bahasa Hungaria
7. Surat keterangan sehat dan terjemahannya menggunakan format yang sudah ditentukan
8. Hasil scan salinan KTP
9. Salinan paspor yang masih berlaku
10. Surat tanda terima pendaftaran (diunduh setelah selesai mendaftar secara online di website)
11. Portofolio untuk pendaftar program seni
12. Audio portofolio untuk pendaftar program seni
13. Rencana penelitian dalam bahasa program studi pilihan pelamar (untuk pelamar program S-3)
14. Dua surat rekomendasi dari pembimbing akademik atau supervisor dalam bahasa program studi pilihan pelamar (untuk pelamar program S3)
15. Statement of Supervisor (apabila diminta oleh universitas pilihan pelamar, untuk pelamar program S3)
16. Surat izin (Letter of Permission) bagi pelamar yang merupakan dosen tetap, dari universitas asal dan NIDN (untuk pelamar program S3).

Baca Juga: Informasi Beasiswa Lengkap S1 sampai S3 di Korea Selatan Terlengkap

Cara pendaftaran beasiswa Stipendium Hungaricum ini tergolong cukup mudah, yakni mulai dengan registrasi atau pembuatan akun. Kemudian kita bisa memilih pilihan studi yang menjadi prioritas kita. Lengkapi kolom Personal Information dengan teliti dan sesuai dengan keadaan masing-masing dari kita. Berikan rincian dari latar belakang pendidikan, organisasi atau pekerjaaan kita.

Selanjutnya isikan rincian bahasa yang bisa kita gunakan, lampirkan surat referensi yang kita dapat, berikutnya tulis esai motivasi dengan tema “Why are you suitable candidate?”. Tahapan seleksi beasiswa ini terdiri dari seleksi administrasi, evaluasi institusi penerima, dan pengumuman final. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, bisa mengunjungi halaman resminya di https://apply.stipendiumhungaricum.hu/.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Informasi Beasiswa Kuliah Penuh S2 dan S3 Pemerintah Malaysia. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

0 Response to "Informasi Beasiswa Hungaria Lengkap Semua Jenjang S1, S2, S3 dan Non Gelar"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel