-->

Buang Sampah dari Kaca Mobil Adalah Hal Bodoh yang Dibiasakan

fikriamiruddin.com - Masyarakat kita tampaknya tidak pernah selesai dari persoalan sampah. Dari mulai sampah limbah pabrik, sampah rumah tangga, hingga sampah-sampah yang bertebaran sampai ke puncak-puncak gunung.

Sampah

Hal ini apabila dibiarkan tentu akan berdampak pada lingkungan hidup dan keseimbangan ekosistem. Terlebih masyarakat kita saat ini sudah terbiasa membuang sampah sembarangan dari mulai di sungai sampai di jalan raya.

Beberapa waktu lalu, ketika asyik naik motor kesayangan, tetiba ada seorang pengendara mobil yang mendahului saya sambil membuang sampah dari kaca mobil. Untung sampah plastik sisa bungkus makanan yang di buang tidak mengenai wajah saya atau pengendara lain.

Keesokan harinya saya menemui hal serupa yang dilakukan oleh pengendara mobil yang tidak diketahui identitasnya. Saya mengamati dengan santainya pengendara tersebut membuang sampah kulit buah melalui kaca mobil.

Tak ingin kehilangan jejak, dan beruntungnya lagi jalanan dalam keadaan macet, kemudian saya mencoba untuk menegur pengendara mobil tersebut tepat di persimpangan lampu merah. Alhasil bukannya merasa bersalah, pengendara tersebut justru balik memarahi saya.

Karena tidak ingin terjadi keributan di jalan raya yang tentu saja akan membuat macet arus lalu lintas, saya memilih mengalah dan pergi meninggalkan pengendara mobil tersebut. Meskipun dari kejauhan samar terlihat pengendara tersebut masih mencoba memaki saya.

Ya, begitulah mentalitas bangsa kita, bukannya berterima kasih ketika ditegur lantaran berbuat kesalahan, yang ada justru sebaliknya. Biasanya dalam beberapa kasus yang berbuat salah justru lebih galak dan balik memarahi si penegur.

Baca Juga: Tips Biar Nggak Salah Pilih UKM atau Organisasi Bagi Mahasiswa Baru

Yasudahlah, persoalan membuang sampah sembarangan sepertinya memang tidak memandang kalangan. Dalam beberapa kejadian dan bahkan terekam kamera, kalangan berpendidikan, konglomerat, elit global, atau siapa pun ternyata tidak lepas dari tindakan buang sampah sembarangan.

Apalagi, buang sampah yang dilakukan dari kaca mobil, tentu akan berdampak secara langsung dari mulai keributan sampai kecelakaan lalu lintas. Terlebih, sampah yang dibuang tersebut tergolong berbahaya seperti puntung rokok atau mungkin kawat.

Kebayang kan kalian apabila ada pengendara yang membuang puntung rokok sembarangan ketika berkendara? Ya, kemungkinan besar yang akan terjadi adalah melukai mata pengendara lain atau justru bisa membakar bagian tubuh lain apabila apinya belum benar-benar padam.

Padahal, terkait dengan perilaku buang sampah sembarangan yang mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan lain. sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kemudian pada pasal 310 ayat 2, 3, dan 4 juga diatur tentang setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor lantaran kelalaiannya menyebabkan korban luka ringan, berat, atau bahkan sampai meninggal dunia, maka dipidana maksimal mulai satu tahun sampai enam tahun dan denda paling besar mulai 2 juta sampai 12 juta rupiah.

Nah, gimana? Masih mau ngeyel buang sampah sembarangan dari kaca mobil? Selain terdapat ancaman pidana, perbuatan buang sampah dari kaca mobil juga mengindikasikan bahwa si pelaku tidak memiliki rasa empati terhadap pengguna jalan lain.

Baca Juga: Kerja Tidak Sesuai Jurusan Itu Bukan Sebuah Kesalahan

Padahal, sebagai bangsa Indonesia yang dikenal keramahan dan gotong royongnya, sudah selayaknya kita memiliki empati dan simpati yang lebih kepada sesama manusia pada umumnya dan pada bangsa Indonesia khususnya.

Sebagai pengamat perilaku-perilaku konyol dan bodoh masyarakat kita di jalan raya, saya hanya ingin berpesan pada para pengendara, khususnya yang sering menggunakan kendaraan roda empat.

Alangkah baiknya kalian menyiapkan tempat sampah kecil di dalam mobil, agar tidak terbiasa membuang sampah sembarangan dari kaca mobil. Ya, kalo itu jalan milik pribadi bisa bebas loss sak karepmu.

Lah ini, jalan milik bersama yang dibangun dari anggaran negara, kok seenaknya saja dikotori begitu saja oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Terlepas dari itu, membuang sampah sembarangan adalah PR kita bersama sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu, marilah bersama-sama membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. 

Toh, saat ini tempat sampah sudah banyak tersedia di mana pun. Dengan menjadi masyarakat yang selalu menjaga ketertiban, kebersihan, dan keindahan, bukan tidak mungkin suatu saat nanti kita akan mendapat pemimpin yang tertib aturan, bersih dari korupsi, dan indah untuk dipandang.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Menjadi Pembaca Setia Ramalan Zodiak Adalah Sebuah Kebanggaan. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Buang Sampah dari Kaca Mobil Adalah Hal Bodoh yang Dibiasakan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel