-->

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

fikriamiruddin.com - Gunung Merbabu adalah nama salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini secara administratif berada di wilayah Kabupaten Boyolali, Magelang dan Semarang. Gunung ini berjenis stratovolcano yang menurut catatan sejarah terakhir meletus sekitar tahun 1797. Berdasarkan catatan-catatan Belanda pula nama Gunung Merbabu berasal dari dua kata  yaitu “meru” yang berarti gunung dan kata “abu” yang berarti abu, sehingga Merbabu adalah Gunung yang berabu. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3142 Meter di Atas Permukaan laut atau setara dengan 10630 kaki. Gunung Merbabu ini sudah sangat populer sekali dikalangan para pendaki. Gunung ini memiliki medan yang tidak terlalu berat akan tetapi tetap perlu diwaspadai mengenai kabul tebal, udara dingin, dan potensi badai. Untuk dapat mendaki Gunung Merbabu ini terdapat lima alternatif jalur pendakian yaitu Via Thekelan, Via Wekas, Via Suwanting, Via Cunthel, dan Via Selo. Akan tetapi jalur yang sudah sangat ramai dan banyak menjadi pilihan oleh para pendaki adalah Pendakian Gunung Merbabu Via Selo.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Untuk sampai di jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo ini dari Surabaya kita bisa naik bus Surabaya-Yogyakarta dengan turun di Terminal Tirtonadi Solo. Setelah sampai di Terminal Tirtonadi Solo kita bisa melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Semarang dengan turun di Kota Boyolali. Dari Kota Boyolali ini untuk menuju ke Selo kita bisa naik bus kecil jurusan Selo. Bus yang langsung menuju ke Selo biasanya agak jarang, kebanyakan hanya sampai Pasar Cepogo. Apabila beruntung kita bisa langsung sampai di Selo dengan turun di depan pos polisi Selo. Dari pos Polisi Selo ini untuk sampai di Basecamp kita bisa naik ojek. Akan tetapi, apabila bus kecil yang kita tumpangi hanya sampai di Pasar Cepogo, dari pasar ini kita bisa menyarter/menyewa mobil pick up untuk dapat membawa kita sampai ke Basecamp. Untuk saat ini sudah banyak jasa yang menyewakan tumpangan menuju ke Basecamp-basecamp gunung di wilayah Jawa Tengah dan Sekitarnya.

Setelah sampai di Basecamp kita dapat beristirahat terlebih dahulu sekaligus mempersiapkan logistik dan peralatan. Setelah semuanya siap kita bisa mengurus perijinan dan registrasi terlebih dahulu. Setelah semuanya dirasa siap kita bisa mulai dengan berdoa dan peregangan terlebih dahulu. Dari basecamp ini dari awal pendakian kita akan disambut oleh gapura Selamat Datang dari Taman Nasional Gunung Merbabu Via Selo. Dari gapura ini perjalan dilanjutkan dengan berjalan dengan trek tanah. Dalam perjalanan dari basecamp menuju pos 1 ini kita akan banyak sekali menemui flora berjenis pohon pinus dan lamtoro. Setelah kurang lebih 1 jam berjalan maka sampailah kita di Pos 1 (Dok Malang) yang posisinya masih berada di rimbunnya hutan.

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
Pos 1 Dok Malang
Dari pos 1 ini perjalanan dilanjutkan dengan trek yang relatif sama, kemudian kita juga akan melewati tikungan macan. Dari tikungan macan ini kita akan menemui sedikit tanjakan curam yang ujungnya kita akan menemui pos bayangan. Dari pos bayangan ini perjalanan dilanjutkan dengan trek yang masih relatif sama. Untuk sampai di Pos2 (Pandean) dari pos 1 (Dok Malang) kita membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Dari pos 2 perjalanan dilanjutkan dengan jalan setapak dengan sesekali trek curam. Setelah beberapa saat keluar masuk hutan kita akan sampai di vegetasi yang sudah lumayan terbuka, dan di sinilah letak pos 3 (Batu Tulis). Pos 3 ini merupakan tanah datar yang lumayan datar dengan vegetasi terbuka, sehingga apabila tidak ada kabut, kita sudah bisa menikmati gagahnya Gunung Merapi dari Pos 3 (Batu Tulis) ini. Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3 ini membutuhkan waktu sekitar 45 menit.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
Peta Jalur Pendakian
Dari pos 3 (Batu Tulis) perjalanan dilanjutkan dengan trek yang lumayan curam sehingga harus berhati-hati dikarenakan apabila lengah kita dapat dengan mudah tergelincir.  Trek terjal dengan tanah ini dapat dihadapi dengan mudah apabila kita sembari mengimbangi diri dengan berpegangan pada dinding tebing yang terdepat di sepanjang jalur. Setelah berjalan sekitar 45 menit maka kita akan sampai di Pos 4 atau Sabana 1. Sabana 1 ini merupakan tempat datar yang lumayan luas dengan adanya beberapa pohon. Sehingga sabana 1 ini menjadi tempat favorit untuk para pendaki mendirikan tenda dan beristirahat. Akan tetapi harus tetap waspada dikarenakan vegetasi yang terbuka maka angin akan bertiup cukup kencang, selain itu juga tempat ini rawan terkena badai.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
Trek dari Pos 3 Menuju Sabana 1
Dari pos 4 (Sabana 1) perjalanan dilanjutkan dengan trek berupa tanjakan akan tetapi tidak terlalu terjal. Setelah sampai di puncak bukit maka kita akan mendapati turunan, tidak lama kemudian maka kita akan sampai di pos 5 (Sabana 2). Untuk sampai di Sabana 2 ini, dari Sabana 1 kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Di Pos 5 (Sabana 2) ini juga tempat yang cukup ideal untuk mendirikan Camp dikarenakan sudah dekat dengan puncak.

Pos 5 (Sabana 2) ini merupakan pos terakhir sebelum kita sampai di puncak Gunung Merbabu. Dari Sabana 2 ini perjalanan dilanjutkan dengan naik turun bukit. Vegetasi untuk sampai ke puncak ini sudah cukup terbuka sehinggi kita bisa menikmati sunrise di sepanjang jalur pada pagi hari. Di sepanjang jalur ini pula kita akn melihat dengan jelas gagahnya Gunung Merapi yang tepat berada di hadapan Gunung Merbabu. Untuk sampai di Puncak Triangulasi dari Sabana dibutuhkan waktu sekitar 1 jam.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
Puncak Triangulasi
Puncak Triangulasi ini adalah salah satu puncak dari 3 puncak Gunung Merbabu. Apabila kita ingin ke puncak lainnya kita bisa berjalanan mlipir ke arah kanan sekitar 10 Menit maka kita akan sampai di Puncak Kenteng Songo. Dari jalur Selo ini apabila kita ingin ke Puncak Syarif maka kita harus turun dan naik bukit lagi dikarenakan puncak ini berada di jalur yang berbeda.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo
Puncak Kenteng Songo
Rincian Detail Perjalanan*
Basecamp - Pos 1 (Dok Malang) : 60 Menit
Pos 1 (Dok Malang) - Pos 2 (Pandean) : 45 Menit
POs 2 (Pandean) - Pos 3 (Batu Tulis) : 45 Menit
Pos 3 (Batu Tulis) - Pos 4 (Sabana 1) : 45 Menit
Pos 4 (Sabana 1) - Pos 5 (Sabana 2) : 30 Menit
Pos 5 (Sabana 2) - Puncak Triangulasi : 60 Menit
Puncak Triangulasi - Puncak Kenteng Songo : 10 Menit
*NB : Waktu tempuh kondisional dan situasional tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki dan kondisi cuaca

Mungkin itu saja sedikit cerita yang bisa kami bagikan semoga bisa menginformasi serta menginspirasi kawan-kawan semua. Silahkan baca juga: Pendakian Gunung Ringgit 1250 Mdpl Situbondo.
#SalamLestari

0 Response to "Pendakian Gunung Merbabu Via Selo"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel