-->

Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli

fikriamiruddin.com - Secara historis, permainan bola voli ditemukan oleh William G Morgan pada tahun 1895 di Holyoke, Amerika bagian timur. William G Morgan merupakan seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men’s Christain Association (YMCA). Permainan bola voli di Amerika sangat cepat perkembangannya, sehingga tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan bola voli nasional.
Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli

Kemudian permainan bola ini menyebar ke seluruh dunia. Untuk pertama kalinya bola voli dipertandingkan di Polandia pada tahun 1974 dengan peserta yang cukup banyak. Karena itu, pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola voli Internasional atau International Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara. Permainan bola voli ini cukup cepat perkembangannya, antara lain disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

Pertama, permainan bola voli tidak memerlukan lapangan yang luas. Kedua, mudah dimainkan. Ketiga, alat-alat yang digunakan sangat sederhana. Keempat, permainan ini sangat menyenangkan. Kelima, kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat kecil. Keenam, dapat dimainkan di alam bebas maupun di ruang tertutup. Ketujuh, dapat dimainkan oleh banyak orang sekaligus.

Kini permainan bola voli sudah memiliki teknik permainan yang lebih baik, yakni suatu proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktik dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam melakukan gerakan (khususnya permainan bola voli). Teknik dikatakan baik apabila dari segi anatomis atau fisiologis mekanik dan mental terpenuhi secara benar persyaratannya.

Baca Juga: Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Sepak Bola

Adapun kegunaan teknik dalam permainan bola voli di antaranya adalah efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi maksimal, untuk mencegah dan mengurangi terjadinya cidera, untuk mempermudah pengembangan gerakan peserta didik, serta peserta didik akan lebih yakin dengan kemampuan gerakan.

Gerakan spesifik permainan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah pasing bawah, pasing atas, smash/spike, servis, dan bendungan atau blok. Prinsip dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal. Gerak spesifik permainan bola voli yang baik selalu berdasarkan pada teori dalam ilmu dan pengetahuan yang menunjang pelaksanaan teknik tersebut.

Misalnya biomekanik, anatomi, fisiologi, kinesiologi, dan ilmu-ilmu penunjang lainnya, serta berdasarkan peraturan permainan yang berlaku. Prinsip dasar permainan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya di antara adalah pasing bawah, pasing atas, smash/spike, servis, dan blok atau bendungan.

Sementara itu, variasi dalam pembelajaran bola voli adalah melakukan satu bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik pasing atas bola voli di tempat, sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

Selama kegiatan pembelajaran, peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakan pada guru atau teman. Jawaban yang mereka berikan dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang dialaminya. Akhir dari pembelajaran variasi gerak spesifik adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

Baca Juga: Basic Life Support dalam Kegiatan Alam Bebas

Sedangkan aktivitas variasi merupakan beberapa bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, misalnya melakukan gerak spesifik pasing atas, bawah, dan servis atas, di tempat, bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, zig-zag, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok. Akhir dari pembelajaran kombinasi teknik dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

Pembelajaran bola voli ini kemudian diakhiri dengan pembelajaran bermain sederhana dengan menerapkan gerak spesifik yang telah dikuasai dalam permainan untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: 7 Langkah dalam Menghadapi Kecelakaan di Alam Bebas. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel