-->

Tips Membeli Peralatan Mendaki Gunung

fikriamiruddin.com - Peralatan dalam kegiatan alam bebas termasuk di dalam perjalanan pendakian gunung tentu saja sangat dibutuhkan untuk menunjang setiap kegiatannya. Namun, apabila kita memiliki dana yang cukup terbatas kita bisa meminjam peralatan yang dimiliki oleh teman atau komunitas. Selain itu, sudah banyak juga jasa yang menyediakan persewaan alat pendakian gunung atau camping. Akan tetapi, apabila kita ingin memiliki sendiri alat-alat tersebut berikut ini tips-tips yang mungkin cukup membantu kalian semua, di antaranya:
Tips Membeli Peralatan Mendaki Gunung

1. Tips Membeli Ransel

- Jika memungkinkan, cobalah terlebih dahulu sebelum kita membelinya. Dalam hal ini kita bisa meminjam terlebih dahulu ransel teman untuk membandingkan kesesuaian ukuran yang akan kita beli.

- Kapasitas ransel dirancang sesuai kebutuhan perjalanan kita, tinggu tubuh pengguna dan lama perjalanan juga menentukan dalam memilih ransel yang akan kita beli. Maka dari itu pertimbangkanlah untuk membeli sesuai dengan kebutuhan kita.

- Cobalah selalu back system ransel yang akan kita beli. Jika kita tidak mengerti cara mengatur bcak system yang sesuai dengan tubuh kita, jangan segan-segan untuk meminta tolong petugas toko untuk membantu kita melakukannya.

- Cobalah beberapa ransel keluaran pabrik yang berbeda untuk melakukan sebuah perbandingan. Belilah ransel yang cukup sesuai dan pas dengan tubuh kita. Hindarilah membeli ransel yang mempunyai kapasitas melebihi ukuran tubuh kita.

Baca Juga: Mengenal Ransel Pendakian Gunung

2. Tips Membeli Tenda

- Yang cukup perlu dipertimbangkan dalam memilih tenda untuk kita beli adalah apakah tenda tersebut mempunyai ketahanan terhadap air dan stabilitas terhadap kondisi cuaca buruk yang akan kita hadapi dalam perjalanan pendakian gunung.

- Apakah ruangan yang terdapat di dalam tenda cukup bagi pengguna beserta peralatannya? Berdasarkan kapasitasnya kita bisa mengukurnya dengan memasuki tenda yang kemungkinan didisplay dan pastikan ruangnya cukup bagi kita beserta peralatan kita.

- Pertimbangkan juga apakah tenda ini cukup mudah untuk didirikan? Sebelum ke toko untuk membeli tenda sebaiknya kita juga bisa melihat review-review singkat tenda yang akan kita beli di kanal Youtube terlebih dahulu.

- Jika dibutuhkan, apakah vestibule (teras depan) cukup lebar? Dalam hal ini kita dapat mempertimbangkannya jika kemungkinan terkena terpaan air hujan.

- Pertimbangkan juga apakah pintunya cukup untuk akses dan apakah mempunyai jendela atau ventilasi lainnya? Ataukah mungkin tenda dapat ditutup rapat ketika cuaca sedang dingin-dinginnya.

- Perhatikanlah dengan seksama material atau bahan yang dipakai dalam pembuatan tenda. Pastikan juga waterproof.

- Perhatikanlah jahitan dan sambungan pada tenda. Apakah jahitannya cukup rapi sehingga tidak ada yang lepas? Selain itu, periksalah apakah pada setiap jahitan sambungan tersebut diberikan lapisan yang waterproof?

Baca Juga: Jenis Tenda Pendakian Gunung

3. Tips Membeli Sleeping Bag

- Perhatikanlah kapan dan di mana sleeping bag ini kan kita gunakan. Belilah sleeping bag yang akan digunakan pada kondisi cuaca yang akan sering kita hadapi di gunung.

- Perhatikan aktivitas yang kita lakukan dengan sleeping bag ini. Jika kemungkinan kita mendaki gunung saat musim hujan tiba pertimbangkanlah untuk membawa sleeping bag yang terbuat dari bahan sintesis. Jika faktor berat yang menjadi pertimbangan kita, maka pilihlah sleeping bag yang berbahan down atau bulu angsa.

- Perhatikan juga budget kita. Jika kita memiliki cukup uang, tidak ada salahnya kita untuk membeli sleeping bag keluaran pabrik yang memang sudah cukup teruji kualitasnya.

- Perhatikan juga apakah kita sering kedinginan atau susah untuk tidur? Apabila yang pertama maka pilihlah yang hangat dan jika yang kedua maka carilah sleeping bag dengan ruang dalamnya yang cukup lega.

- Periksalah setiap toko alat gunung dan lakukanlah sedikit penelitian. Lihat dan rasakan terlebih dahulu material lapisan dalam beberapa sleeping bag yang berbeda. Lihat jahitan dan bahan lapisan luarnya.

- Jangan sungkan-sungkan untuk membuka gulungan sleeping bag jika masih dalam keadaan tergulung dan lihatlah juga bagian dalamnya.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Survival Kit yang Harus Dimiliki oleh Pendaki Gunung. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.
#SalamLestari

0 Response to "Tips Membeli Peralatan Mendaki Gunung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel