-->

Jenis Tenda Pendakian Gunung

fikriamiruddin.com - Tenda adalah rumah bagi para pendaki gunung, tenda ini biasanya digunakan sebagai tempat melepas lelah setelah seharian berjalan. Selain itu juga merupakan tempat yang melindungi pendaki dari hembusan angin dan cuaca dingin serta basah. Memilih tenda yang baik tidaklah gampang, mengingat saat ini banyak sekali jenis tenda yang mempunyai bentuk, ukuran, material dan juga berat yang berbeda-beda. Masing-masing jenis atau tenda tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pada era sekarang ini tenda dalam aktivitas pendakian gunung memiliki dua prinsip pelapisan perlindungan, yaitu dinding bagian dalam yang terbuat dari bahan yang bernafas atau bahan non-waterproof. Sedangkan dinding bagian luar biasa disebut juga dengan flysheet yang biasanya terbuat dari bahan waterproof, semuanya ini memiliki tujuan untuk mengatasi faktor kondensasi yang dihasilkan oleh tubuh dan aktivitas memasak.
Jenis Tenda Pendakian Gunung

Maka dari itu, faktor yang paling penting dan sangat perlu sekali diperhartikan dalam memilih tenda adalah faktor kondensasi yang akan mempengaruhi kenyamanan selama berada di dalam tenda. Kondensasi terjadi dikarenakan hawa panas yang dihasilkan oleh tubuh dan juga saat kita memasak di dalam tenda saat hujan turun. Jadi untuk mengatasi hal ini, diperlukan dinding dalam tenda yang terbuat dari bahan yang non-waterproof agar hawa panas tersebut dapat keluar. Kemudian untuk melindungi bagian dalam tenda dari hujan dan hawa lembab serta dingin khas gunung, lapisan flysheet yang waterproof mengambil peranan penting dalam hal ini. Di era sekarang ini juga sudah tersedia di pasaran tenda single wall atau tenda yang tidak memerlukan flysheet. Akan tetapi untuk harganya masih sangat mahal, dikarenakan terbuat dari bahan yang dapat bernafas sekaligus waterproof seperti misalnya Gore-light yang dikeluarkan oleh produsen Gore-Tex.

Beberapa hal penting yang harus dipenuhi oleh tenda adalah di antaranya mudah didirikan, periksa juga jumlah pasaknya atau apakah tenda tersebut merupakan tenda yang freesatnding atau tenda yang dapat didirikan tanpa harus dibantu oleh pasak. Poles atau rangka tenda yang terdiri dari beberapa bagian dan dihubungkan oleh sebuah tali elastis di dalamnya dan poles bisa dengan cepat dipasangkan pada tenda melalui kaitan atau clipsnya. Perhatikan juga pastikan flysheet-nya tahan air atau waterproof, juga UV-resistant. Usahakan bagian dinding dalam tenda tidak boleh dilapisi dengan lapisan antiair agar bisa melepaskan kondensasi keluar dari tenda. Selain itu pastikan tenda memiliki ruang yang cukup dan sebanding dengan rasio beratnya. Usahakan memiliki lapisan jaring antiserangga pada pintunya, memiliki beranda yang cukup luas, memiliki ventilasi yang baik, dan struktur tenda tidak terlalu tinggi agar lebih tahan terhadap angin. Selain itu periksalah jahitan dan seam sealed-nya apakah menutupi setiap jahitan.

Jenis-jenis Tenda

Berdasarkan penggunaannya tenda dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Three Season Tents atau tenda dipakai pada tiga musim

Tenda ini banyak sekali dipakai pada pendakian gunung-gunung yang beriklim tidak begitu ekstrem. Ada berbagai macam tipe tenda dalam kategori ini, biasanya memiliki konstruksi yang simple dan kadang hanya mempunyai satu atau dua rangka. Tenda-tenda dalam kategori ini lebih ringan dan sangat ringkas sekali dalam hal packing. Tenda jenis ini banyak dipakai oleh para trekker dan backpacker.

2. Four Season dan Expedition Tent atau tenda empat musim serta tenda ekspedisi

Tenda jenis ini biasanya banyak dipakai oleh para pendaki gunung-gunung tinggi. Tenda jenis ini mempunyai konstruksi yang lebih tahan angin serta terbuat dari material yang lebih baik daripada tenda jenis three season. Penggunaan tenda jenis ini ditujukan pada gunung-gunung yang memliki iklim lebih ekstrem dan dingin. Tenda jenis ini biasanya memiliki 3-4 rangka atau bahkan lebih. Biasanya harga tenda jenis ini juga lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis tenda tiga musim.

Selain itu tenda juga dapat dikelompokkan berdasarkan desain dan konstruksinya. Pada era sekarang ini banyak sekali tipe-tipe tenda dengan desain yang sangat menarik. Dalam prinsipnya jika kita melihat desain tenda maka ada beberapa tipe tenda di antaranya:

- Tenda Ridge, tipe ini terdapat dua jenis pengembangan, yaitu Tapered Ridge dan Transverse Ridge
- Tenda Tunnel
- Tenda Single Hoop
- Tenda Cross Over Pole Dome
- Tenda Geodesic Dome

Mungkin itu yang bisa saya bahas mengenai pengertian tenda dan jenis-jenis tenda yang dipakai dalam aktivitas pendakian gunung. Silahkan baca juga: Mengenal Ransel Pendakian Gunung. Terima kasih banyak dan Semoga bermanfaat.
#SalamLestari

0 Response to "Jenis Tenda Pendakian Gunung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel