-->

Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

fikriamiruddin.com - Mendaki gunung saat musim penghujan tentu mempunyai strategi dan kebutuhan khusus tersendiri, berbeda jika kita mendaki disaat keadaan cuaca yang sedang cerah-cerahnya. Kebanyakan pendaki mungkin sangat menghindari untuk mendaki gunung saat musim penghujan. Selian karena rawan terjadi badai dan kurang nyaman, kebanyakan gunung pada saat musim penghujan akan ditutup sementara waktu demi pemulihan ekosistem. Akan tetapi, apabila kita ingin mendaki di musim hujan maka lakukanlah beberapa tips sebagai berikut:
Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

1. Tips Menghangatkan Sleeping Bag

Sebelum dipakai, sleeping bag akan menyerap udara dingin di sekitarnya. Maka dari itu tidak mengherankan jika saat kita akan memasukinya, bagian dalam sleeping bag tersebut akan terasa dingin. Maka dari itu untuk menghangatkannya lakukanlah cara di antaranya setelah makan malam, masukkanlah air panas ke dalam botol dan kemudian masukkan ke dalam sleeping bag sebelum kita memasukinya.

Cara tersebut di atas juga dapat membuat air dalam botol dapat bertahan tetap hangat sepanjang malam. Selain itu kita juga bisa masuk ke dalam sleeping bag dan melakukan beberapa gerakan kebuagaran jasmani seperti sit up. Hal tersebut dikarenakan gelombang panas tubuh akan menghangatkan sleeping bag.

2. Tips Saat Terjadi Petir di Gunung

Dalam hal ini usahakan untuk tidak berada di puncak atau punggungan yang terbuka. Meskipun kita hanya dapat turun sedikit dari tempat ini, setidaknya langkah ini dapat mengurangi kemungkinan tersambar petir. Hindarilah pohon atu objek yang berdiri sendiri, hal tersebut dikarenakan jika berdiri di dekatnya saat petir menyambarnya maka kita juga akan terkena alur listrik yang mengalir di tanah.

Hindarkanlah tubuh dari objek metal dikarenakan merupakan penghantar listrik dan juga akan menagkap kilat. Keluarlah dari air, dikarenakan air juga merupakan penghantar listrik. Alasilah tubuh dari tanah dengan ransel, matras atau yang lainnya. Jika berada dalam grup pendakian, berilah jarak setidaknya delapan meter. Jadi, jika kemunkinan ada yang tersambar petir maka yang lainnya dapat memberikan pertolongan. Selain itu di alam bebas tempat yang baik saat badai petir adalah tempat yang banyak pepohonan.

Baca Juga: Tips Mengunjungi Hutan Hujan Tropis yang Masih Alami

3. Tips Mendirikan Tenda Saat Hujan

Bentangkanlah kemudian ikatkan pada pohon flysheet tenda atau ponco di atas tempat tenda akan didirikan. Jika tidak terdapat pohon maka dapat dipegang oleh teman seperjalanan. Setelah itu, dirikanlah tenda tepat di bawahnya. Cara ini dapat menghindarkan lapisan dalam tenda basah sebelum didirikan.

4. Tips Mengeringkan Bagian dalam Sepatu yang Basah

Sepatu yang basah tentu sangat tidak nyaman dipakai. Selain itu juga kondisi lembab dalam sepatu dpaat mengakibatkan kaki terkena kutu air atau penyakit kulit lainnya. Sehingga cara mengeringkan bagian dalam sepatu adalah dengan memasukkan gumpalan kertas koran atau tisu ke dalam sepatu setelah terlebih dahulu kita mengeluarkan bagian alas dalam sepatu. Biarkanlah semalaman dan ada baiknya juga jika kertas tersebut diganti dengan selang waktu secukupnya, tergantung seberapa basah bagian dalam sepatu tersebut.

5. Tips Agar Tubuh Tetap Hangat

Dalam hal ini makanlah yang cukup dan mengonsumsi air secara teratur. Upaya ini akan memelihara daya kerja metabolisme tubuh. Gunakanlah alas tidur yang memadai untuk dapat memisahkan tubuh dengan tanah yang dingin dan lembab. Letakkan topi atau penutup kepala lainnya pada tempat yang mudah kita jangkau dengan tangan jika mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu. Pakailah kaos kaki kering pada saat tidur.

Tempatkanlah botol yang tidak mudah bocor yang berisi air panas ke dalam sleeping bag. Jika saat bangun terasa dingin, tingkatkanlah kerja metabolisme tubuh dengan cara makan dan minum. Tidak adal salahnya juga menempatkan botol khusus untuk buang air kecil sehingga tidak perlu membuka pintu tenda untuk keluar. Pintu tenda yang terbuka akan menyebabkan udara dingin masuk ke dalam tenda.

Baca Juga: Tips Berkemah di Hutan Hujan Tropis

6. Tips Menghindari Hypothermia

Hindarilah tubuh dari basah. Jika tubuh basah, segeralah keluar dari lingkungan yang basah tersebut dan ganti pakaian basah tersebut dengan yang kering. Hindari angin yang dingin, jika tidak dapat melakukannya paling tidak segeralah beranjak dari tempat berangin tersebut secepat mungkin. Jangan sampai tubuh mengalamai dehidrasi. Jika dehidrasi telah terjadi, segeralah ganti cairan tubuh dengan minum secukupnya. Selain itu, berikanlah tubuh isolasi yang cukup dengan memakai pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Tips Membeli Peralatan Mendaki Gunung. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.
#SalamLestari

0 Response to "Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel