-->

Tips Memilih Sepatu Gunung

fikriamiruddin.com - Tips memilih sepatu untuk mendaki gunung yang memenuhi syarat adalah suatu kebutuhan yang penting bagi pendaki gunung. Sebelum memulai perjalanan, pastikan sepatu gunung mana yang cocok untuk jenis perjalanan yang akan dilakukan. Setelah itu, biasakanlah untuk menguji dan mencobanya terlebih dahulu sebelum benar-benar memakainya di medan pendakian. Sepatu gunung berjenis boot pada umumnya sering digunakan untuk mendaki gunung dikarenakan dapat melindungi mata kaki. Bagian dalam sepatu gunung boot bisa menjadi tidak nyaman bagi kaki. Maka dari itu disarankan untuk mengambil nomor sepatu yang lebih besar sedikit dari ukuran kaki, misalnya bisa dilebihkan 1-2 nomor. Ditambah dengan sedikit mengatur ikatan tali sepatu gunung yaitu dengan cara mengikat semua ikatan tali sepatu gunung maka kita akan mendapatkan kenyamanan saat melangkah. Menggunakan sepatu gunung yang tidak benar atau sepatu gunung yang berkualitas rendah tentu saja akan membuat kaki menjadi sakit dan lecet-lecet. Di gunung juga tidak mudah untuk menjaga kaki tetap kering dan bersih. Maka dari itu kulit yang lecet akan sangat lama sembuhnya dikarenakan udara gunung yang lembab. Sehingga hal ini jelas akan menghambat perjalanan pendakian gunung.
Tips Memilih Sepatu Gunung

Pemilihan sepatu gunung lebih tergantung pada medan yang akan ditempuh, berat bawaan yang dibawa, dan cuaca, meskipun dalam hal ini unsur selera juga sangat penting dan turut ikut andil dalam mempengaruhinya. Banyak para pendaki yang menyukai sepatu gunung yang ringan, sementara ada juga yang menyukai sepatu gunung yang cukup berat bahkan untuk medan yang sedang. Berikut akan dijelaskan lebih detail jenis-jenis sepatu gunung di antaranya:

1. Light Hiker atau Trail Boots

Sepatu gunung jenis ini biasanya terbuat dari campuran bahan fabric (bahan seperti yang dipakai untuk ransel) dan kulit. Sepatu ini memiliki sol yang fleksibel dan ringan. Sepatu gunung jenis ini cocok sekali dipakai untuk Day Trip atau perjalanan dengan ransel yang sangat ringan. Sepatu jenis ini pula sangat cocok sekali dipakai di areal perkemahan.

2. Off Trail Boots

Sepatu jenis ini biasanya terbuat dari kulit hingga sampai bagian atas. Sepatu ini solnya memiliki hak dan mempunyai ankle support di bagian atasnya. Sepatu gunung jenis ini cocok sekali dipakai pada saat perjalanan dua sampai lima hari dengan membawa ransel ukuran menengah.

3. Rough Trail

Sepatu jenis ini biasa terbuat dari kulit sampai bagian atasnya. Sepatu jenis ini sedikit tinggi dan mempunyai ankle support yang kokoh dan kuat serta solnya lebih agresif dengan kembang sole yang cukup tajam. Sepatu gunung jenis ini cocok sekali dipakai dalam perjalanan panjang dengan ransel berukuran besar dan medan yang cukup berat.

4. Double Boots (Mountaineering Boots)

Sepatu gunung jenis ini biasanya lapisan luarnya terbuat dari plastik, dan ada boot lapisan dalamnya. Memiliki sol dengan kembang yang agresif, serta terdapat pula cantelan crampon. Sepatu gunung jenis ini sangat cocok sekali untuk kegiatan extreme mountaineering misalnya pada medan yang bersalju.

Sebelum memakai sepatu gunung dalam perjalanan pendakian gunung, alangkah baiknya kita mencobanya terlebih dahulu dan memakainya berkeliling kampung atau koompleks selama mungkin, hal tersebut agar membiasakan kaki dengan jenis sepatu gunung yang kita gunakan, selain itu juga agar tekstur kulitnya menjadi lebih lentur. Maka dari itu jangan pernah memakai sepatu gunung baru langsung di medan pendakian tanpa pernah mencobanya terlebih dahulu. Dikarenakan hal ini dapat berakibat lecet dan membuat perjalanan mendaki gunung menjadi tidak nyaman.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan tentukan pilihan kalian jenis sepatu mana yang cocok dengan aktivitas alam bebas kita, silahkan baca juga: Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung. Apabila ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.
#SalamLestari

0 Response to "Tips Memilih Sepatu Gunung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel