-->

Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung

fikriamiruddin.com Perencanaan sebuah perjalanan pendakian gunung atau ke alam bebas tentu akan sangat berbeda dengan sebuah perencanaan perjalanan biasa. Ada bagian-bagian yang sangat perlu mendapatkan perhatian agar perjalanan kita tidak berakhir dengan hal-hal yang tidak mengenakkan dan meninggalkan kenangan yang buruk. Maka dari itu luangkanlah waktu yang cukup untuk melakukan perencanaan dengan baik dan matang. Perencanaan seperti halnya waktu keberangkatan, pemilihan kegiatan yang akan kita lakukan di lokasi, perencanaan latihan fisik, pengorganisasian keuangan, menentukan mitra yang akan kita ajak dalam perjalanan tersebut, persiapan perlengkapan, dan lain sebagainya. Tentunya semua itu akan memberikan dampak tidak mengenakkan jika kita tidak merencanakannya dengan baik dan hati-hati.
Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung

Kunci sukses dalam perencanaan perjalanan adalah memulai perencanaan itu sedini mungkin. Rencanakanlah sebelum tanggal pelaksanaan. Buatlah kalender yang berisikan bermacam-macam rencana yang harus diselesaikan. Sediakan waktu yang cukup untuk pengurusan izin dan surat jalan. Berikut adalah poin-poin penting yang perlu diperhatikan di antaranya:

1. Pemilihan Lokasi

Perjalanan dapat dikatakan memuaskan apabila kita dapat sampai pada daerah yang dituju dan tahu tujuan kita ke tempat tersebut: apakah kita mendaki gunung dengan tujuan mencapai puncak, hanya, mengenal vegetasinya, ataupun hanya berburu foto dengan latar belakang alam bebas. Pemilihan lokasi perjalanan ini merupakan hal yang pertama kali harus dilakukan.

2. Pengumpulan Data dan Studi Pustaka

Setelah mengetahui tujuan kita, maka hal berikutnya yang perlu kita lakukan adalah mengumpulkan informasi dan data lalu mempelajarinya. Hal-hal yang perlu kita ketahui dan dapatkan di antaranya adalah Peta, dengan adanya peta kita dapat memperkirakan lamanya perjalanan yang akan terkait pada banyak hal, baik logistik, peralatan, dan keuangan. Keadaan daerah yang dituju, perlu kita dapatkan informasi mengenai kebudayaan dan kebiasaan penduduk setempat, keamanan daerah tersebut serta kondisi iklim dan medannya. Hal penting lainnya adalah mempelajari bagaimana tata cara pengurusan perizinannya, dan lain-lain. selain itu transportasi, kita perlu mempelajari jalur transportasi yang akan digunakan untuk mencapai daerah tersebut berikut alternatifnya. Termasuk di dalamnya adalah jam keberangkatan maupun harga tiket.

3. Latihan Fisik

Latihan fisik ini sangat perlu sekali dilakukan karena akan memudahkan kita menghadapi medan yang mungkin membutuhkan kekuatan fisik yang kuat. jika tidak mengetahui jenis latihan fisik yang cocok untuk tipe perjalanan kita, sebaiknya konsultasikanlah dengan ahlinya. Akan tetapi, pada dasarnya lari-lari kecil atau joging adalah latihan fisik yang sangat cocok untuk tipe perjalanan pendakian gunung.

4. Kenali Bahaya Setempat

Sebagai pendaki gunung, kita pasti akan mengunjungi daerah terpencil dan juga hutan-hutan yang lebat. Maka kenalilah bahaya potensial daerah tersebut, baik yang datang dari satwa maupun fauna bahkan mungkin saja jenis makanan setempat yang mungkin tidak cocok dengan perut kota kita. Berdasarkan ini maka kita juga perlu mempersiapkan kotak pertolongan pertama kita.

5. Pemilihan Peralatan

Pemilihan peralatan yang sesuai dengan perjalanan kita tidak kalah pentingnya dengan persiapan lainnya. Terdapat tiga ketentuan dasar dalam pemilihan peralatan yang baik, yaitu performance, ketahanan, dan beratnya. Jika mempunyai rencana untuk membeli peralatan, lakukanlah riset sebelumnya dengan mempertimbangkan ketiga ketentuan di atas. Jika kita sudah memiliki peralatan maka hal yang harus dilakukan adalah kumpulkan seluruh peralatan yang akan kita bawa, setidaknya pada menit-menit terakhir keberangkatan untuk mencegah ada barang yang tertinggal atau terlupa yang dapat menjadikan perjalanan menjadi tidak nyaman.

Mungkin cukup sampai di sini yang bisa penulis bahas mengenai manajemen perjalanan pendakian gunung, apabila ada kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, apabila ada kritik, saran, atau suatu hal yang perlu didiskusikan silahkan tulis di kolom komentar. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.
#SalamLestari

0 Response to "Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel