-->

Mengenal Lembaga Sosial

fikriamiruddin.com - Pengertian lembaga sosial menurut Koentjaraningrat adalah sistem tata kelakuan dan hubungan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam berbagai bidang kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya. Tak hanya itu, lembaga sosial juga dibentuk agar masyarakat dapat hidup dengan teratur.

Secara sederhana, lembaga sosial merupakan lembaga yang memiliki anggota dan terdiri dari masyarakat yang saling berkumpul menjadi satu, sebab memiliki satu kesamaan visi, misi, dan tujuan. Siap anggota yang tergabung dalam lembaga sosial akan terikat pada aturan, norma, dan nilai yang telah dibuat dan wajib dipatuhi. Sehingga beberapa lembaga sosial yang ada lebih bersifat mengatur.

Lembaga sosial sendiri memiliki beberapa fungsi sebagai berikut. Pertama, lembaga sosial berfungsi untuk memberikan pedoman pada anggota masyarakat mengenai bagaimana setiap individu harus bersikap dalam menghadapi masalah yang muncul dan berkembang di lingkungan masyarakat. Kedua, lembaga sosial berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat yang saling berhubungan atau bersangkutan.

Ketiga, lembaga sosial berfungsi untuk memberikan arahan kepada masyarakat untuk dapat mengadakan sistem pengendalian sosial seperti sistem pengawasan masyarakat kepada anggotanya.

Tak hanya itu, lembaga sosial juga memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut. Pertama, lembaga sosial memiliki kekekalan tertentu yang berlangsung lama. Hal ini disebabkan adanya anggapan bahwa lembaga sosial ini berisi sekumpulan norma yang harus dipertahankan oleh anggota di dalamnya dan norma tersebut seperti kehidupan maupun hubungan yang ada dalam suatu keluarga.

Baca Juga: Memahami Pengertian Filsafat Ontologi dengan Ringkas dan Mudah

Kedua, lembaga sosial memiliki satu atau lebih tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh setiap anggotanya. Contohnya seperti lembaga pendidikan yang memiliki tujuan untuk dapat memberikan nilai, norma maupun ilmu pengetahuan pada generasi berikutnya. Ketiga, lembaga sosial memiliki sejumlah perangkat yang berfungsi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh anggota sebelumnya. Misalnya, seperti bendera, lambang pada lembaga politik maupun uang sebagai alat tukar pada lembaga ekonomi dan lain sebagainya.

Keempat, lembaga sosial merupakan organisasi yang terstruktur serta relatif kekal. Kelima, norma yang terdapat dalam lembaga sosial diambil melalui proses panjang hingga dapat diakui oleh masyarakat setempat. Keenam, lembaga sosial memiliki sanksi atau hukuman yang mengikat tentang bagaimana seseorang bersikap serta bertingkah laku. Ketujuh, untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya, lembaga sosial memiliki aturan tertulis serta tidak tertulis.

Kedelapan, memiliki alat pelengkap tertentu berupa simbol maupun lambang yang dapat digunakan untuk mewakili lembaga sosial tersebut beserta tujuan yang ingin dicapai lembaga sosial.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Dunia Barat

Selain itu, lembaga sosial memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut. Pertama, memiliki simbol sendiri, sebagai tanda atau ciri khas khusus suatu lembaga sosial. Kedua, memiliki tata tertib dan tradisi, sebagai panutan secara tertulis dan tidak tertulis oleh anggotanya. Ketiga, usianya lebih lama sehingga terjadi pewarisan dari generasi ke generasi.

Keempat, memiliki ideologi atau sistem gagasan mendasar yang dimiliki bersama, dianggap ideal oleh anggotanya. Kelima, memiliki alat kelengkapan untuk mewujudkan tujuan lembaga sosial. Keenam, memiliki tingkat kekebalan atau daya tahan, sehingga tidak akan lenyap begitu saja.

Secara umum, lembaga sosial yang ada di sekitar kita di antaranya adalah lembaga keluarga, yakni lembaga sosial terkecil dan sifatnya paling mendasar. Berikutnya lembaga pendidikan, lembaga yang menjadi tempat bagi masyarakat menempuh pendidikan baik pendidikan akhlak maupun ilmu pengetahuam dan keterampilan.

Lembaga agama, merupakan lembaga sosial yang mengatur kehidupan beragama di masyarakat. Lembaga ekonomi, lembaga sosial yang kegiatannya berada di bidang ekonomi. Lembaga budaya, lembaga sosial yang sifatnya publik di dalam sebuah negara. Dan lembaga politik, merupakan lembaga sosial bentukan masyarakat sendiri dengan tujuan politik dan berperan dalam kegiatan politik.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Berbagai Pandangan dan Aliran tentang Baik dan Buruk. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.


0 Response to "Mengenal Lembaga Sosial"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel