-->

Sejarah Perkembangan Islam pada Periode Pertengahan dan Modern

fikriamiruddin.com - Periode pertengahan ini ditandai dengan kemunduran total kekuasaan Islam di Baghdad. Kemudian pemberontakan mulai muncul di mana-mana. Berikutnya muncul Dinasti Umawiyah periode kedua di Spanyol yang diploklamirkan oleh Abd al-Rahman al-Dakhil (w. 788 M). Di Mesir juga muncul Dinasti Fatimiyyah yang didukung oleh kelompok Syi’ah. Hulagu Khan (cucu Jengis Khan) ikut melakukan penghancuran kekuasaan Islam di Baghdad.

Islam

Dikisahkan bahwa ia merobohkan bangunan masjid, madrasah, rumah penduduk, membakar perpustakaan beserta seluruh isinya. Di bidang politik misalnya, dinasti yang berkuasa di Mesir silih berganti dan saling menjatuhkan. Dimulai dari Dinasti Fatimiyyah, yang beraliran Syi’ah, digantikan oleh Dinasti Ayyubiyyah yang beraliran Sunni. Ayyubiyah berakhir pada tahun 1250 M dan digantikan oleh Dinasti Mamlukiyyah sampai tahun 1517 M.

Dalam keadaan demikian ini muncullah tiga kerajaan besar Islam yang mencoba untuk membangkitkan kembali kekuasaan Islam, yakni Utsmani di Turkey (1290-1924 M), Safawi di Persia (1501-1732 M) dan Munghal di India (1526-1858 M). Namun, ketiga kerajaan ini tidak bisa bertahan, satu demi satu berjatuhan dan digantikan oleh kekuatan lain; Kerajaan Utsmani digantikan oleh Republik Turki (1924).

Safawi di Persia digantikan oleh Dinasti Qajar (1925), dan Kerajaan Munghal di India digantikan oleh penjajah Inggris (1875) dan Mesir dikuasai Napoleon dari Perancis pada tahun 1798. Akhirnya, umat Islam memasuki fase kemunduran kedua.

Berikutnya masuk periode modern yang oleh Harun Nasution disebut sebagai zaman kebangkitan Islam. Ekspedisi Napoleon di Mesir memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan membawa 167 ahli dalam berbagai cabang ilmu. Ia membawa dua set alat percetakan huruf Latin, Arab, dan Yunani. Ekspedisi itu bukan hanya membawa misi militer, namun juga misi ilmiah. Napoleon membentuk lembaga ilmiah yang disebut dengan Institut d’ Egypte yang mempunyai empat bidang kajian.

Baca Juga: Sejarah Perkembangan Islam pada Masa Awal

Di antaranya adalah ilmu pasti, ilmu alam, ilmu ekonomi dan politik, serta ilmu sastra dan seni. Selain itu, diterbitkan juga majalah ilmiah yang bernama Courier d’Egypte. Ide-ide baru yang diperkenalkan Napoleon di Mesir adalah sistem negara republik yang kepala negaranya dipilih untuk jangka tertentu, persamaan (egalite) dan paham kebangsaan (nation). Para pemuka Islam pun mulai berpikir dan mencari jalan keluar untuk mengembalikan kejayaan umat Islam.

Maka muncullah gerakan pembaruan yang dilakukan di berbagai negara, seperti Turki dan Mesir. Gagasan-gagasan pembaruan itu kemudian diserap di berbagai negeri Muslim, termasuk di Indonesia. Dari beberapa uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa agama lahir dari dan dalam sebuah realitas sosial tertentu.

Tingkat akomodasi dan apresiasinya terhadap realitas sosial di sekitarnya begitu kuat, sehingga dalam berbagai fenomena keagamaan dapat ditemukan adanya keterkaitan antara agama dan budaya yang cukup erat. Hal ini terjadi karena dua hal, pertama, bahwa tidak semua nilai dan prinsip budaya lokal itu bertentangan dengan doktrin dan ajaran keagamaan, bahkan sebaliknya, banyak yang berkesesuaian, sehingga budaya menjadi layak untuk diakomodasi ke dalam agama.

Baca Juga: Perbedaan Paham di Kalangan Umat Islam

Kedua, bahwa dengan mengakomodasi nilai budaya lokal, sepanjang tidak bertentangan dengan prinsip dasar ajaran agama tersebut, akan mempermudah usaha sosialisasi agama tersebut. Sebab, sesuatu yang asing akan lebih mudah diakomodasi oleh masyarakat setempat apabila ia telah lama dikenal dan akrab dengan masyarakat tersebut. Dari sinilah agama kemudian berusaha tampil dalam wajahnya yang ramah, lunak, dan bersahaja di balik budaya dasar yang dianut sebuah masyarakat.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Berbagai Macam Akhlak Tercela yang Perlu Diketahui. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Sejarah Perkembangan Islam pada Periode Pertengahan dan Modern"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel