-->

Berdamai dan Mensyukuri Masa Lalu Itu Penting, Mengapa?

fikriamiruddin.com - Sebagai manusia saya selalu bersyukur terhadap masa lalu. Hal itu lantaran, percuma saja saya menyesalinya, sebab saya tidak akan pernah bisa kembali ke masa lalu dan mengubahnya. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menerimanya.
Berdamai dan Mensyukuri Masa Lalu Itu Penting, Mengapa?

Hal itu ternyata juga dilakukan oleh kawan saya, sebut saja namanya Roy. Roy sangat mensyukuri masa lalunya. Padahal, mungkin dirinya tidak seberuntung kebanyakan orang yang memiliki kasih sayang orangtua.

Ketika kecil Roy sudah hidup di Panti Asuhan lantaran kedua orangtuanya bercerai dan meninggalkannya begitu saja. Saat itu Roy sempat menyesal dan bahkan marah dengan jalan hidup yang dilakoninya.

Namun itu dulu, kini Roy mengaku sudah memaafkan dan memutuskan berdamai dengan apa yang telah terjadi dengan kehidupan masa lalunya. Roy mengungkapkan bahwa apabila dirinya mendapatkan kasih sayang orangtua layaknya kebanyakan orang, tentu dirinya tidak mungkin setegar dan sekuat saat ini.

Roy begitu bersyukur dengan masa lalunya yang cukup menyedihkan itu. Roy bercerita bahwa apabila dirinya tidak pernah merasakan kepedihan seperti itu, tentu kemungkinan besar dirinya akan menjadi orang yang mudah mengeluh dan putus asa.

Layaknya Roy, berdamai dengan masa lalu membuat hidup saya lebih bahagia dan tenang. Saya selalu membuat masa lalu sebagai pelajaran bagi hidup saya pada masa kini. Yang harus diingat, dalam hidup ini berlaku hukum sebab akibat.

Baca Juga: Tips Melatih Mental dalam Menghadapi Dunia Kerja

Apa yang kamu perbuat pasti akan ada balasannya. Dalam artian, apa yang kamu tanam, itulah yang akan kamu tuai. Karena itu, tanamlah sesuatu yang menurutmu baik yang kemungkinan besar bisa kamu panen pada masa yang akan datang.

Karena itu, kamu tidak perlu menyesali masa lalu. Kamu bisa hidup di masa kini seperti ini ya karena apa yang kamu lakukan pada masa lalu. Oleh karenanya, kamu layak bersyukur dengan masa lalu dan apa pun yang pernah kamu lewati dan jalani.

Berterima kasih kepada orang-orang yang kamu temui pada masa lalu juga perlu. Tanpa mereka semua, kamu tidak akan pernah bisa berdiri tegak seperti sekarang ini. Sekali lagi, jalan hidup yang kamu alami pada masa lalu adalah sebab hidupmu pada masa kini.

Jadi, perlu disyukuri, diterima, dan dijadikan pelajaran agar kamu tidak jatuh di lubang yang sama. Saya selalu mengucapkan banyak terima kasih Kepada Sang Sutradara Alam Semesta atas jalan hidup yang dipercayakan kepada saya, entah itu pada masa lalu, masa kini, atau pada masa yang akan datang.

Joseph R. Murphy dalam karyanya berjudul “Your Infinitive Power To Be Rich” mengungkapkan bahwa seluruh proses menuju kekayaan material, mental, dan spiritual itu dapat dipadatkan menjadi satu kata, maka kata itu adalah ‘syukur’.

Karena itu, kamu perlu bersyukur dalam setiap hal, termasuk mensyukuri masa lalu. Ada beberapa aspek dalam kehidupan pada masa lalu yang patut kamu syukuri, misalnya kebahagiaan, kesehatan, relasi, karier, uang, dan hal-hal lain.

Jika kamu menginginkan sebuah karunia mengenai kebahagiaan, kamu bisa memulainya dengan bersyukur. Dengan selalu bersyukur setiap saat, maka hidup akan jadi lebih tenang dan bahagia.

Dalam al-Qur’an surat Ibarahim ayat 7 juga dijelaskan bahwa “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Baca Juga: Tips Mengembangkan Diri Jadi Lebih Baik dan Produktif

Maka dari itu, bersyukur itu ternyata sangat penting bagi kehidupan entah pada masa kini atau mungkin masa yang akan datang. Bahkan para ahli Fisika Quantum mengungkapkan bahwa kebanyakan orang sukses selalu bersyukur di awal sebelum karunia datang.

Dalam filsafat kebahagiaan Ki Ageng Suryomentaram juga dijelaskan bahwa masa lalu itu terkait dengan penyesalan, sedangkan masa depan itu terkait dengan rasa khawatir. Agar terlepas dari rasa sesal dan khawatir, maka manusia harus fokus pada masa kini.

Oleh karena itu, masa lalu itu tidak untuk disesali, namun untuk dipelajari. Apa yang sudah kamu peroleh dan alami pada masa lalu tentu akan menjadikanmu lebih bijaksana dalam menjalani hidup pada masa kini.

Intinya, pengalaman adalah guru terbaik. Apa yang pernah kita alami pada masa lalu, pasti akan menjadi pelajaran yang cukup berharga pada masa kini dan masa yang akan datang.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Nasihat Bagi Kalian yang Kehilangan Semangat Hidup. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Berdamai dan Mensyukuri Masa Lalu Itu Penting, Mengapa?"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel