-->

Tips Melatih Mental dalam Menghadapi Dunia Kerja

fikriamiruddin.com - Beberapa waktu lalu, ada seorang kawan yang bercerita bahwa dia mendapatkan masalah di tempat kerjanya. Tanpa berpikir panjang untuk menyelesaikan masalah dan mencari jalan keluar, dirinya justru langsung mengajukan resign.
Tips Melatih Mental dalam Menghadapi Dunia Kerja

Hingga akhirnya, kini dia kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Hal itu lantaran dirinya belum benar-benar mempertimbangkan secara matang akibat yang ditimbulkan dari sikap yang ditentukannya itu.

Dalam hal ini, tentu saja terkait dengan yang namanya mental. Ya, mental dalam diri seseorang tidak  terbentuk begitu saja dengan sendirinya. Benar saja, mental memang perlu dilatih agar terbiasa dan bahkan tahan banting, termasuk dalam menghadapi dunia kerja.

Menghadapi dunia kerja, tentu kamu perlu keberanian dan sikap optimistis. Hal itu lantaran dunia kerja seringkali mengecewakan dan sering tidak sesuai dengan harapan. Terkait dengan hal itu, ada pola yang biasa saya terapkan untuk melatih mental menghadapi dunia kerja yang begitu dinamis dan kompleks itu.

Baik langsung saja, saya biasa menerapkan beberapa pola berikut untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Bisa Karena Terbiasa

Bagi kamu yang baru pertama kali terjun di dunia kerja, tentu memerlukan beberapa waktu dan proses untuk beradaptasi. Benar saja, dalam beberapa kasus saya seringkali mengamati ada karyawan yang merasa tidak cocok dengan bos maupun antar sesama karyawan.

Hal itu lantaran masing-masing individu masih mementingkan ego. Perlu diketahui, dunia kerja merupakan dunia yang penuh dengan kepentingan. Hubungan kamu dengan orang-orang di tempat kerja hanya sebatas hubungan kerja.

Karena itu, bersikaplah profesional dan bedakan dengan cara kamu berhubungan personal. Maka dari itu, lakukan saja yang terbaik peran dan bagianmu di tempat kerja. Lambat laun mental kamu akan bisa dengan mudah beradaptasi, lantaran sudah terbiasa.

Baca Juga: Tips Mengembangkan Diri Jadi Lebih Baik dan Produktif

Terbiasa Karena Dipaksa

Membiasakan sesuatu yang baru, apalagi dalam dunia kerja yang begitu kompleks dan dinamis memang tidaklah mudah. Yang harus kamu lakukan adalah memaksanya. Misalnya kamu bekerja sebagai guru di suatu sekolah.

Dalam hal ini, agar kamu terbiasa mengajar dan menghadapi siswa, awalnya kamu harus memaksa diri mencintai pekerjaan dan apa pun yang terkait dengannya. Ya, kamu harus memaksa diri untuk mencintai pekerjaan dan apa pun yang relate dengan pekerjaanmu.

Semua itu memang tidak mudah, karena itu perlu dipaksa agar terbiasa. Dengan ini, kemungkinan besar mental kamu akan terlatih dengan sendirinya dan tentu saja akan menjadi semakin kuat lantaran sudah terbiasa, jadi tidak kaget.

Dipaksa Agar Bisa

Dalam dunia kerja, setiap orang pasti mengawalinya dari bawah. Kecuali, jika kamu adalah anak sultan atau kebetulan anak pemilik perusahaan besar. Namun, tidak semua orang terlahir seberuntung itu.

Bahkan kebanyakan harus memulai karir dari titik terendah. Karena itu, paksalah diri untuk terbiasa bersaing secara sehat dalam dunia kerja. Ya, kamu pasti bisa bersaing. Paksa diri untuk meningkatkan kualitas terbaiknya.

Kamu harus memaksa diri untuk terbiasa dengan tantangan dan masalah. Selesaikan semua masalah dan tantangan yang ada dalam hidupmu dan pekerjaanmu. Maka, lambat laun mental kamu akan menjadi terlatih lebih kuat dari sebelumnya.

Terbiasalah dengan semua rasa sakit itu. Hal itu lantaran menjadi luar biasa itu perlu waktu, perlu disakiti, dan perlu jam terbang yang teruji. Nikmatilah dunia kerjamu, fokuskan diri di sana dan tetap lakukan yang terbaik sesuai dengan versimu.

Dalam beberapa kasus, memang benar bahwa lingkungan kerja yang toxic itu ada. Namun, jangan memutuskan resign begitu saja. Hal itu lantaran belum tentu setelah kamu keluar, akan dengan mudah mendapat pekerjaan yang baru.

Sebelum memutuskan untuk resign, sebaiknya perhatikan akibat yang ditimbulkan dan rencana setelah resign. Apabila belum mempunyai rencana yang matang atau pekerjaan pengganti, alangkah baiknya bertahan dulu.

Baca Juga: Nasihat Bagi Kalian yang Kehilangan Semangat Hidup

Perlu diketahui, ratusan bahkan ribuan orang di luar sana bermimpi ingin mendapatkan pekerjaan sepertimu. Karena itu, bersyukurlah, lakukan saja yang terbaik tugas dan bagianmu di tempat kerja.

Apabila pada kemudian hari ada suatu masalah atau tantangan di tempat kerjamu, hadapilah. Menghindar tidak akan menyelesaikan masalah, namun hanya menundanya saja. Tidak ada yang mudah memang, namun tidak ada yang tak mungkin.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Tips Anti Galau yang Tentu Saja Bikin Hidup Jadi Lebih Tenang. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Melatih Mental dalam Menghadapi Dunia Kerja"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel