-->

Tips Mengembangkan Diri Jadi Lebih Baik dan Produktif

fikriamiruddin.com - Terkait pengembangan diri, bagi sebagian orang mungkin mudah melakukannya. Namun, sebagian yang lain merasa masih kesulitan untuk mengembangkan diri dan jadi produktif. Karena itu, tidak ada salahnya mencoba beberapa tips yang akan saya bagikan.
Tips Mengembangkan Diri Jadi Lebih Baik dan Produktif

Sekilas tidak ada yang salah dari dua tipe orang di atas, yang membedakan hanyalah world of view dan pola pikir yang telah lama terbentuk. Pembentukan itu bisa berasal dari pendidikan, pengalaman, dan lingkungan sosial.

Menjadi lebih baik dan produktif itu juga bisa artikan berani keluar dari zona nyaman dan berani gagal. Namun, perlu diingat bahwa menjadi produktif itu bukan berarti lebih sibuk. Kamu bisa saja seharian sibuk dengan beberapa kegiatan, tapi belum tentu semua itu produktif.

Dalam hal ini, ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu adopsi untuk mengembangkan diri jadi lebih baik dan tentu saja produktif. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk jadi produktif.

1. Gali Potensi Terlebih Dahulu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggali potensi yang ada dalam diri sendiri. Semakin menonjol dan spesifik tentu akan lebih baik dan mudah untuk dikenali. Misalnya potensi kamu  di bidang kesehatan, dan kebetulan bercita-cita menjadi seorang dokter.

Maka, jadilah dokter spesialis yang seolah-olah hanya kamu yang ahli dalam bidang itu. Maksudnya, apabila kamu ingin menjadi dokter umum itu sudah banyak. Karena itu, jadilah dokter spesialis.

Sebagai contoh, dokter spesialis pancaindera yang khusus menangani mata kiri. Hal itu tentu akan cukup spesifik dan memudahkan kamu untuk dikenal dan mengembangkan potensi lebih terarah dan produktif.

2. Merawat Ketertarikan

Setelah mengetahui potensi yang ada dalam dirimu, langkah berikutnya adalah merawat potensi yang ada itu. Caranya ialah dengan menekuni dan meresapinya setiap hari. Melanjutkan contoh di atas, apabila kamu memiliki potensi dan ketertarikan di bidang kesehatan, maka sudah selayaknya kamu menyibukkan diri dengan hal-hal yang berbau dengan kesehatan.

Misalnya, mulai produktif membaca referensi mengenai kesehatan, menulis tentang kesehatan, dan bahkan aktif mengikuti seminar serta kegiatan-kegiatan lain yang ada keterkaitannya dengan dunia kesehatan.

Kegiatan-kegiatan itu tentu saja akan membuat hari-harimu akan terasa lebih produktif. Hingga pada akhirnya, dengan sendirinya kamu akan berkembang sesuai dengan bidang yang sudah kamu tekuni itu.

Baca Juga: Tips Menghadapi Lingkaran Setan Toxic Parents

3. Bangun Kebiasaan

Membangun kebiasaan ini bisa kamu mulai dari menentukan target. Jangan terlalu memasang target terlalu tinggi, sebab apabila tidak tercapai kamu justru akan patah semangat. Karena itu, buatlah target-target yang ringan untuk meningkatkan kemampuan, namun hasilnya lebih pasti dan terukur.

Misalnya saja kamu mau jadi dokter handal. Bangunlah kebiasaan setiap hari menghafal nama penyakit beserta cara mencegahnya lima jenis saja dulu. Nanti kalau sudah nyaman, bisa kamu tingkatkan jumlahnya secara bertahap.

Bangun kebiasaan membaca, menulis, dan menonton tayangan berhubungan dengan bidang yang kamu tekuni. Yang terpenting jangan biasakan rebahan terlalu lama, sebab kebiasaan itu hanya akan membuat waktumu terbuang percuma.

4. Konsisten

Setelah membangun kebiasaan dan menekuni potensi serta ketertarikan yang ada dalam diri sendiri. Langkah selanjutnya adalah kamu harus konsisten dan totalitas melakukan semua hal itu. Semua butuh proses untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu diketahui, tidak ada yang instan di dunia ini, bahkan mengolah mie instan saja masih harus merebus air dan melalui proses lainnya. Karena itu, nikmati saja prosesnya. Hal itu lantaran sesuatu yang sudah menjadi potensi dan ketertarikan pasti akan menyenangkan dijalani.

Saya pastikan, untuk menjadi luar biasa itu perlu waktu, perlu disakiti, dan tentu saja perlu jam terbang yang teruji. Jangan sampai kamu tidak konsisten di bidang yang sudah kamu tekuni itu dan hanya buang-buang waktu saja.

Baca Juga: Menebak Karakter Orang Berdasarkan Unsur Semesta yang Mendominasi

Sebagai catatan, yang terpenting fokus saja pada potensi dan ketertarikanmu. Jadilah ahlinya ahli di bidang yang sudah kamu tekuni itu. Jangan sampai putus asa, apalagi putus di tengah jalan. Sebab itu sama saja dengan kamu menggali sumur belum selesai, namun menggali lagi sumur yang baru.

Penting juga diingat, bahwa jangan pernah bermimpi untuk menjadi ahli segala bidang!

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Nasihat Bagi Kalian yang Kehilangan Semangat Hidup. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Mengembangkan Diri Jadi Lebih Baik dan Produktif"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel