-->

Cara Mudah Menulis Artikel yang Berbeda dari Orang Lain

fikriamiruddin.com - Beberapa waktu lalu saya menerima pesan melalui dm Instagram. Pesan tersebut kurang lebih berisi tentang curhatan seseorang yang pengin menulis artikel, namun masih ragu dengan tulisannya sendiri.
Cara Mudah Menulis Artikel yang Berbeda dari Orang Lain

Lebih lanjut dirinya bertanya mengenai cara menulis artikel yang berbeda meskipun tulisan yang pengin kita buat sudah ditulis oleh orang lain.

Sebagai orang yang bisa dibilang baru konsisten menulis akhir-akhir ini, tentu saja saya kaget menerima pertanyaan seperti itu. Hingga akhirnya, saya memutuskan untuk membagi saja pengalaman menulis artikel sebisa dan semampu saya hehe.

Menurut saya, diakui atau tidak, tingkat pendidikan seseorang tidak selalu berbanding lurus dengan keterampilan menulis atau menuangkan ide melalui tulisan. Sehingga banyak sebagian para ahli yang tidak bisa menuliskan gagasannya dengan baik agar mudah dipahami oleh orang lain dan tak jarang hasilnya justru kontra produktif.

Namun, dengan bekal kemauan dan konsistensi serta kebiasaan menulis yang terus dirawat, bukan tidak mungkin kita akan menjadi penulis yang handal. Semua butuh proses untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Terkait pertanyaan di paragraf kedua, memang benar adanya saat ini semua seakan-akan sudah tersedia dan bahkan apa pun sudah dituliskan orang lain. Hal ini terbukti ketika ada peristiwa, fenomena, atau isu terkini muncul, beberapa saat kemudian sudah banyak orang yang menuliskannya entah itu ditayangkan media mayor maupun minor.

Baca Juga: Catat, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Mengenal Diri Sendiri

Namun, jangan pernah ragu dan berkecil hati, lantaran kita tetap bisa masuk di sela-sela tulisan orang lain. Saya yakin pasti ada satu dua hal yang luput dari pandangan orang lain. Ditambah lagi setiap orang pasti mempunyai pola pikir yang berbeda-beda.

Setiap orang tentu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda pula. Maka, yang perlu kita lakukan adalah menjadi yang terbaik sesuai dengan versi kita sendiri. Jangan pernah takut bersaing, kita pasti bisa!

Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah mulai menulis apa pun itu. Dalam tahap ini, kita boleh belajar dan mencari inspirasi dari tulisan orang lain, namun ingat, jangan sampai kita terlalu fokus pada orang lain.

Jadi, mulai saja menulis apa pun bisa mulai dari pengalaman hidup, peristiwa, atau mungkin pendapat pribadi. Kita harus yakin dengan diri sendiri. Bagaimana orang lain bisa yakin dengan tulisan kita? Kalau kita sendiri belum yakin dengan tulisan sendiri.

Banyak kok para penulis pemula termasuk saya yang menerapkan pola ATM (amati-tiru-modifikasi). Namun, jangan lupa poin terpenting ada di ‘modifikasi’. Maka dari itu, kreatifitas penulis sangat diperlukan terkait dengan hal ini. Jangan sampai ada plagiasi atau malah sama persis dengan tulisan orang lain.

Cara mudah untuk menulis versi kita sendiri adalah menulis sesuatu berdasarkan pengalaman sendiri. Hal itu lantaran tidak ada orang yang memiliki versi pengalaman yang sama persis. Karena itu, cobalah menulis sesuatu berdasarkan apa yang sudah kita alami dan sudah benar-benar kita rasakan manfaatnya.

Baca Juga: Rekomendasi Tugas yang Bisa Diberikan Guru di Masa Pandemi Corona

Misalnya saja nih, kita pengin menulis terkait dengan otomotif, ya tulis saja pengalaman kita menggunakan beberapa jenis kendaraan tertentu. Bisa juga dilengkapi dengan ulasan kekurangan, kelebihan, dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa dipastikan tidak ada yang sama di dunia ini. Cobalah sejenak mengamati sekitar kita! Lihat apa yang sama? Ya, tidak ada yang sama di dunia ini. Bahkan anak kembar pun secara fisik, mental, dan pikiran tentu memiliki perbedaan.

Perlu diketahui, bahwa setiap orang pasti dianugerahi pola pikir yang berbeda-beda. Karena itu, dalam interaksi kita sehari-hari terkenal ungkapan “serupa tapi tak sama.” Namun, yang terpenting dari semua ini adalah kita harus berani memulai, jangan menunda!

Kalau kata Doraemon ingin-ingin itu memang banyak sekali dan semuanya bisa dikabulkan dengan kantong ajaib. Sialnya kita tak punya Doraemon beserta kantong ajaibnya. Maka, jalan satu-satunya adalah terus berlatih agar terbiasa menulis.

Intinya tulis saja dulu apa pun yang mengendap di kepala, soal sama atau tidaknya tulisan kita dengan tulisan orang lain, itu urusan nanti. Wong ya nyatanya tidak ada ide atau gagasan yang sama persis.

Jangan-jangan itu hanya anggapan kita saja yang terlalu pesimis dan masih ragu mengekspresikan diri melalui tulisan? Sudahlah, menulis itu kadang juga kayak pacaran, jadi jalani aja dulu hehe.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Tren Minum Kopi dan Dampak yang Ditimbulkan. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Menulis Artikel yang Berbeda dari Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel