-->

9 Karakteristik Pemikiran Filsafat

fikriamiruddin.com - Secara sederhana filsafat dapat dipahami sebagai jenis berpikir yang memiliki ciri-ciri yang bersifat sistematis, kritis, radikal, reflektif dan integral. Dengan kata lain, berpikir model filsafat berbeda dengan ilmu pengetahuan dikarenakan pendekatannya bersifat integral, takni tidak mengkaji satu sisi saja, akan tetapi menyeluruh. Filsafat ini juga bersifat kritis dalam mengkaji setiap objeknya, dalam artian filsafat tidak pernah berhenti pada penampakan, asumsi dan dogmatisme.

Namun terus menerus mengajukan pertanyaan-pertanyaan demi mencapai sebuah hakekat. Sehingga dalam hal ini secara umum karakteristik pemikiran filsafat adalah sebagai berikut:
9 Karakteristik Pemikiran Filsafat

1. Menyeluruh (Komprehensif), yakni filsafat berbeda dengan ilmu pengetahuan dalam memandang objeknya. Hal tersebut dikarenakan filsafat melihat atau memandang objeknya dari sudut pandang totalitas (keseluruhan). Filsafat ingin mencoba mengenali suatu hakekat atau isi dari segala sesuatu. Filsafat ini tidak akan puas jika hanya mengenal objeknya dari sudut tertentu secara khusus sebagaimana dilakukan oleh ilmu-ilmu pengetahuan lainnya.

2. Mendasar atau radikal, radikal dalam hal ini dapat dipahami sebagai “radix” yang berarti akar. Sehingga dalam hal ini filsafat selalu menggunakan daya kritisnya untuk dapat mengkaji suatu objek sampai ke akar-akarnya. Jadi filsafat tidak berhenti percaya begitu saja secara dangkal, namun secara radikal filsafat ini terus bertanya ke dasar dari sesuatu alasan.

3. Mencari kejelasan, dalam hal ini apa yang dilakukan oleh filsafat seharusnya bermuara pada pencarian kejelasan pengertian dan kejelasan intelektual dari seluruh dimensi realitas kehidupan.

Baca Juga: Pengertian Filsafat dan Cara Mudah Memahaminya

4. Berpikir rasional, dalam hal ini rasional dapat diartikan seperangkat sistem berpikir yang mengacu pada argumen tertentu yang dipercayainya. Biasanya, dalam hal ini model berpikir rasional mengandung pengertian berpikir logis, sistematis dan kritis.

5. Spekulatif, dalam hal ini kegiatan berpikir spekulatif merupakan hal pertama kali yang dilakukan sebelum kegiatan berpikir utama yang telah dilakukan oleh para filosof selama berabad-abad. Berpikir semacam ini memiliki karakter membuat dugaan-dugaan yang masuk akal mengenai sesuatu hal. Filsafat ini juga berusaha menetapkan kriteria apa yang disebut benar (logika), apa yang disebut baik (etika) dan apa yang disebut indah (estetika).

Kegiatan berpikir secara spekulatif dalam filsafat ini kemudian menjadi landasan dasar dan juga dapat diteruskan atau dimanfaatkan oleh ilmu-ilmu pengetahuan lainnya.

6. Konseptual, dalam hal ini berpikir filsafat adalah berpikir melampaui betas pengalaman hidup sehari-hari. Konseptual dalam hal ini dapat diartikan mengatasi pengalaman dan fakta.

Baca Juga: 10 Metode Filsafat yang Harus Diketahui

7. Koheren atau konsisten, koheren dalam hal ini dapat diartikan sebagai kaidah-kaidah dalam berpikir logis. Sedangkan konsisten dapat diartikan berpikir yang tidak mengandung kontradiksi.

8. Sistematis dan metodis, sistematis dalam hal ini dapat diartikan sebagai berpikir yang saling berkaitan satu sama lain sehingga membentuk satu struktur berpikir yang utuh. Sedangkan metodis dalam hal ini dapat diartikan sebagai cara yang ditempuh dalam mendapatkan kebenaran melalui tahap-tahap yang dapat dipertanggungjawabkan.

9. Bebas, dalam hal ini berpikir filsafat adalah berpikir secara bebas. Bebas yang dimaksud adalah bebas dari prasangka sosial dan kepentingan politik.

Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan pemikiran atau berpikir dengan model filsafat memiliki beberapa sifat di antaranya adalah komprehensif, radikal, distingtif, rasional, spekulatif, konseptual, koheren, sistematis dan bebas.  Sedangkan metode berpikir filsafat di antaranya kritis, intuitif, skolastik, matematis, empiris, transendental, dialektis, fenomenologis, positivis dan metode analisa bahasa.

Mungkin cukup sekian pembahasan dalam kesempatan kali ini, silahkan baca juga: Definisi Filsafat Menurut Para Tokoh. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Karakteristik Pemikiran Filsafat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel