-->

Pendakian Gunung Merapi Via New Selo

fikriamiruddin.com - Gunung Merapi adalah nama salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif Gunung Merapi mencakup empat wilayah yakni Kabupaten Klaten, Boyolali, Magelang, dan Sleman. Menurut sejarahnya nama Merapi berasal dari dua kata yakni “meru” yang berarti gunung dan “api”, sehingga Merapi berarti Gunung Api. Pada tahun 2004 kawasan hutan di sekitar puncaknya dijadikan Taman Nasional Gunung Merapi. Gunung ini mempunyai ketinggian 2968 Meter di Atas Permukaan Laut atau setara dengan 9738 kaki. Gunung ini termasuk gunung api paling aktif dikarenakan memiliki siklus erupsi dua sampai lima tahun sekali dengan erupsi terakhir terjadi pada tahun 2018. Gunung Merapi ini pula sudah sangat populer sekali di kalangan para pendaki. Untuk dapat mendaki gunung Merapi ada beberapa alternatif jalur diantaranya Via New Selo, Via Kaliurang, dan Via Sapuangin. Untuk rute jalur paling populer adalah Via New Selo dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam untuk sampai di Puncak Gunung Merapi.
Pendakian Gunung Merapi Via New Selo

Untuk dapat sampai di pos pendakian New Selo dari Surabaya kita bisa naik bus jurusan Yogyakarta dengan turun di Terminal Tirtonadi Solo. Dari Terminal Tirtonadi Solo ini perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik bus jurusan Boyolali atau Semarang. Kemudian kita bisa turun di Terminal Sunggingan dan dapat berjalan kaki ke Pasar Sunggingan atau lebih dikenal dengan pasar sapi. Dari pasar sapi ini kita bisa naik bus mini jurusan Pasar Cepogo. Dari Pasar Cepogo ini kita bisa naik bus mini jurusan Pasar Selo dan turun tepat di depan Polsek Selo. Dari Polsek Selo ini kita bisa naik ojek untuk sampai di basecamp. Dari Pasar Cepogo ini pula apabila bus mini untuk tujuan Pasar Selo sudah tidak ada kita bisa menyewa pick up atau carteran dari warga sekitar.

Setelah kita sampai di Basecamp Merapi kita bisa beristirahat sejenak sembari menyiapkan peralatan dan logistik yang diperlukan. Jangan lupa disiapkan air yang cukup dikarenakan sepanjang jalur pendakian nanti tidak akan ditemui sumber mata air. Setelah semuanya siap bisa langsung mengurus perijinan dan biaya registrasi. Jika sudah jangan lupa berdoa dan sedikit peregangan agar tubuh kita siap digunakan untuk mendaki. Dari Basecamp ini perjalanan dimulai dengan jalanan beraspal dengan kanan kiri rumah penduduk. Tak lama kemudian kita akan sampai disebuah tempat dengan tulisan New Selo. Dari New Selo ini perjalanan dilanjutakn dengan jalan cor yang sudah mulai menanjak dengan pemandangan kebun penduduk di kanan dan kirinya. Untuk sampai di pintu gerbang pendakian yang ditandai dengan shelter 1 kita membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Dari shelter ini perjalanan dilanjutkan dengan jalan setapak yang lumayan landai dengan sesekali naik. Diantara shelter 1 dan pos 1 ini biasanya banyak sekali berkeliaran kera. Tak lama berselang sebelum sampai di Pos 1 kita akan menemui tanjakan yang lumayan curam sebelum akhirnya kita sampai di Pos 1. Untuk sampai di Pos 1 ini dari Shelter 1 kita membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Pos 1 ini berupa tanah yang lumayan terbuka dengan ditandai adanya batu besar dan gazebo.
Pendakian Gunung Merapi Via New Selo
Pos 1 Gunung Merapi Via New Selo
Dari Pos 1 ini perjalanan dilanjutkan dengan trek berupa bebatuan yang cukup terjal. Perjalanan menuju pos 2 ini akan terasa sangat melelahkan dikarenakan jalur yang terus menanjak dan jarang sekali di dapati bonus. Untuk sampai di pos 2 ini kita membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Pos 2 ini ditandai dengan adanya papan selamat datang sekaligus penunjuk jalur. Di pos 2 ini juga vegetasi sudah mulai terbuka. Akan tetapi masih banyak ditemui beberapa tumbuhan.
Pendakian Gunung Merapi Via New Selo
Pos 2 Gunung Merapi Via New Selo
Dari Pos 2 perjalanan dilanjutkan dengan jalur dan trek yang masih relatif sama. Yaitu dengan didominasi bebatuan yang cukup terjal, sehingga kita harus sangat berhati-hati ketika memilih tumpuan dikarenakan ada beberap bebatuan yang sangat labil, sehingga membahayakan untuk digunakan sebagai pijakan. Trek ini akan terus berlanjut sampai kita menemui batas vegetasi. Tak lama berselang kita akan menemui watu Gajah yang berada di sebelah kanan jalur. Watu Gajah ini pula menandakan bahwasannya Pasar Bubrah sudah cukup dekat. Untuk sampai di Pasar Bubrah ini dari Pos 2 kita membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Pasar Bubrah ini merupakan pos terakhir sebelum kita menuju Puncak Gunung Merapi.
Pendakian Gunung Merapi Via New Selo
Pasar Bubrah Gunung Merapi
Pasar Bubrah ini merupakan dataran yang cukup luas sekali sehingga cukup untuk memuat ratusan tenda. Dataran ini didominasi oleh bebatuan dan kerikil, sehinggi matras sangat diperlukan sekali apabila kita ingin berkemah di sini. Untuk saat ini pula pendakian Gunung Mendaki hanya direkomendasikan sampai di Pasar Bubrah saja. Hal tersebut dikarenakan kondisi tanah dan bebatuan di Gunung Merapi cukup labil, ditambah dengan letusan freatik yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Akan tetapi, jika kita sudah tahu resikonya dan ingin memakasakan untuk naik ke puncak Gunung Merapi maka harus cukup berhati-hati dikarenakan jalur menuju puncak cukup terjal dan curam, ditambah dengan bebatuan pijakan yang sangat labil. Selain itu jalur menuju puncak ini tidak terlalu jelas, jadi kita harus menandainya dari bawah dan memilih sendiri pijakan mana yang pas untuk dijadikan tumpuan. Untuk sampai di Puncak Gunung Merapi dari Pasar Bubrah kita membutuhkan waktu sekitar 50 menit.
Pendakian Gunung Merapi Via New Selo
Puncak Gunung Merapi
Puncak Gunung Merapi saat ini merupakan bibir kawah dengan bebatuan yang sangat labil. Sedangkan puncak Garuda yang menjadi legenda Gunung Merapi sudah hancur akibat erupsi yang terjadi pada tahun 2010. Akan tetapi, saat ini menyisakan puncak Tusuk Gigi yang juga cukup extrem dan gagah berdiri. Untuk sampai di puncak tusuk gigi ini kita masih harus melipir dan naik turun bebatuan sehingga sangat tidak direkomendasikan.

Rincian Detail Perjalanan*
Basecamp - Shelter 1 : 45 Menit
Shelter 1 - Pos 1 : 45 Menit
Pos 1 - Pos 2 : 1 jam 30 Menit
Pos 2 - Pasar Bubrah : 50 Menit
Pasar Bubrah - Puncak : 50 Menit
*NB : Waktu tempuh kondisional dan situasional tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki dan kondisi cuaca

Mungkin itu saja sedikit cerita yang bisa kami bagikan semoga bisa menginformasi serta menginspirasi kawan-kawan semua. Silahkan baca juga: Pendakian Gunung Merbabu Via Selo.
#SalamLestari

0 Response to "Pendakian Gunung Merapi Via New Selo"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel