-->

Pendakian Gunung Welirang Via Tretes

fikriamiruddin.com - Welirang adalah nama salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur. Secara administratif Gunung Welirang ini berada di wilayah Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini berjenis stratovolcano dan merupakan gunung berapi yang masih aktif. Gunung ini memilik ketinggian 3156 Meter di Atas Permukaan Laut atau setara dengan 10354 kaki. Nama Gunung Welirang berasal dari kara Walirang yang dalam bahasa Jawa berarti belerang. Hal tersebut dikarenakan Gunung ini banyak sekali mengandung belerang, sehingga banyak para penambang belerang yang mengais rezeki di Gunung ini. Gunung Welirang ini berada satu punggungan dengan Gunung Arjuno, Gunung Kembar 1, dan Gunung Kembar 2. Untuk dapat mendaki Gunung Welirang ini banyak sekali alternatif jalur diantaranya Via Tretes, Via Cangar, Via Pacet, Via Lawang, Via Karangploso, Via Sumberawan, dan Via Purwosari. Akan tetapi jalur yang cukup populer adalah jalur pendakian Via Tretes.
Pendakian Gunung Welirang Via Tretes

Untuk dapat mendaki gunung Welirang via Tretes ini apabila kita ingin menggunakan kendaraan umum kita bisa naik bus dari Terminal Purabaya Surabaya dengan tujuan Pandaan. Dari pandaan perjalanan bisa kita lanjutkan dengan naik angkot, akan tetapi apabila kita membawa banyak rombongan sebaiknya nyarter pick up untuk sampai di pos pendakian Tretes. Apabila kita tidak membawa rombongan banyak, kita bisa mengggunakan jasa ojek yang berada di sekitar pandaan. Apabila kita menggunakan kendaraan pribadi dari arah Malang atau Surabaya sangat mudah sekali diakses dengan memanfaatkan google maps. Pos perijinan ini berada di pinggir jalan raya dan dekat sekali dengan hotel surya dan pusat keramaian di Tretes.

Apabila kita sudah berada di Basecamp atau pos perijinan ini kita bisa istirahat sejenak lalu dilanjutkan dengan packing perlatan dan logistik. Apabila kita ini menambah atau berbelanja logistik bisa juga di sekitar pos perijinan. Setelah semuanya siap pendakian bisa kita mulai, jangan lupa berdoa dan peregangan terlebih dahulu agar otot-otot kita siap untuk digunakan. Dari pos perijinan ini kita akan melewati jalan makadam yang sudah tersusun dengan rapi. Ketika sudah mendekati pet bocor jalur makadam ini berubah menjadi cor-coran sampai dengan pos 1 atau pet bocor. Dari pos perijinan ini untuk sampai pet bocor ini kita membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Dinamakan pet bocor dikarenakan di sini ada sebuah pet atau saluran air yang bocor sehingga para pendaki bisa mengisi perbekalan airnya di sini. Di pet bocor ini pula terdapat sebuah warung yang biasa digunakan bersantai oleh para pendaki.

Dari pet bocor ini perjalanan dilanjutkan dengan jalan cor-coran yang tidak terlalu panjang. Setelah itu kita akan melewati trek bebatuan yang sudah lumayan rapi, akan tetapi dari sini trek sudah cukup lumayan menanjak dan berkelok-kelok. Dari pet bocor ini untuk sampai di Pos 2 atau Kop-kopan kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit. Di Kop-kopan ini juga terdapat warung yang menyediakan minuman dan gorengan, akan tetapi biasanya hanya buka di akhir pekan saja. Tempat ini disebut kop-kopan dikarenakan adanya sumber mata air yang lumayan melimpah sehingga kita dapat dengan mudah meminumnya langsung (dikokop) dalam bahasa jawanya. Kop-kopan ini merupakan tempat yang cukup ideal digunakan untuk berkemah, selain dekat dengan sumber air, pemandangan di area ini juga cukup menarik dan memanjakan indera kita.
Pendakian Gunung Welirang Via Tretes
Pos 2 Kop-kopan
Dari pos 2 atau kop-kopan ini perjalanan dilanjutkan dengan jalur bebatuan yang relatif sama, akan tetapi bebatuan di sepanjang jalur ini sedikit tidak beraturan dikarenakan sering dilewati hardtop pengangkut belerang. Jalur setelah kop-kopan ini cenderung membuat bosan dikarenakan jalur bebatuan yang menanjak ini lumayan panjang, ditambah lagi adanya tanjakan asu. Setelah kita melewati tanjakan asu ini, kita akan melewati trek bebatuan yang masih relatif sama, akan tetapi sudah tidak menanjak lagi. Untuk sampai di pos 3 atau Pondokan dari kop-kopan kita membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Pondokan ini merupakan area datar yang lumayan luas dan banyak sekali terdapat gubuk-gubuk yang biasa digunakan para penambang belerang menyimpan hasil tambang dan untuk melepas lelah. Di pondokan inilah biasanya menjadi tempat favorit para pendaki untuk berkemah. Di pondokan ini pula terdapat persimpangan yang apabila ke kiri merupakan jalur menuju puncak Arjuno, dan apabila ke kanan menuju Puncak Welirang.
Pendakian Gunung Welirang Via Tretes
Pos 3 Pondokan
Dari pos 3 atau pondokan ini perjalanan dilanjutkan dengan trek yang masih berbatu dan sesekali menanjak. Perjalanan dengan trek berbatu ini akan terus menemani sampai mengelilingi bukit. Tak lama berselang maka kita akan sampai di suatu tempat datar yang mirip dengan lapangan. Dari lapangan perjalanan dilanjutkan dengan melipir di sisi bukit dan tebing. Saat sudah melewati batas vegetasi maka bau belerang mulai tercium. Dari sini kita sudah bisa melihat tiang dengan bendera merah putih yang berkibar, dan di situlah puncak Gunung Welirang berada.
Pendakian Gunung Welirang Via Tretes
Puncak Welirang Sedang Berkabut
Rincian Detail Perjalanan*
Pos Perijinan - Pet Bocor : 15 Menit
Pet Bocor - Kop-kopan : 2 Jam 30 Menit
Kop-kopan - Pondokan : 3 Jam
Pondokan - Puncak Welirang : 2 Jam
*NB : Waktu tempuh kondisional dan situasional tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki dan kondisi cuaca

Mungkin itu saja sedikit cerita yang bisa kami bagikan semoga bisa menginformasi serta menginspirasi kawan-kawan semua. Silahkan baca juga: Pendakian Gunung Merapi Via New Selo.
#SalamLestari

0 Response to "Pendakian Gunung Welirang Via Tretes"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel