-->

Komponen Penting Desain Grafis yang Harus Diketahui

fikriamiruddin.com - Untuk membuat suatu desain grafis tentu diperlukan susunan komponen yang saling terhubung satu sama lain agar terlihat lebih estetik. Dengan demikian, komponen desain grafis memiliki urgensi dalam menampilkan efek visualisasi yang menarik serta memanjakan indera. Oleh karenanya, komponen desain grafis yang akan dibahas dalam tulisan ini di antaranya sebagai berikut.

1. Titik

Titik merupakan salah satu komponen penting dalam desain grafis. Oleh karenanya, komponen titik ini senantiasa memberikan nuansa komunikasi visual yang cukup berarti dalam sebuah desain yang dibuat. Dalam desain grafis, komponen titik ini dapat berperan sebagai sarana penyampaian komunikasi misalnya dalam ekspresi emosi, ekspresi bahasa gambar, atau pun hanya sebagai elemen dekoratif.

2. Garis

Komponen penting berikutnya dalam desain desain grafis yaitu garis. Dalam hal ini, garis merupakan bentuk perapatan dari sekelompok komponen titik yang berurutan dan runut. Komponen garis mudah sekali disesuaikan, entah itu sebagai komponen utama maupun bagian pelengkap dari sebuah desain. Oleh karenanya, garis biasa digunakan sebagai pembatas, kolom, dan dekoratif desain.

Baca Juga: Dakwah dan Masyarakat Marginal

3. Bidang/Ruang

Komponen penting berikutnya dalam desain grafis adalah bidang dan ruang. Bidang sendiri merupakan perapatan dari garis yang ujungnya saling dipertemukan, sehingga membuat area tersebut tertutup dan tak terputus. Komponen bidang biasanya digunakan sebagai bahan daya tarik layout, serta membantu mengkomunikasikan ide desainer kepada para penikmat karya desainnya.

Perpanjangan dari bidang adalah komponen ruang. Dalam desain grafis, ruang dapat dijadikan sebagai unsur grafis yang memberikan nilai estetika desain. Dalam prinsip desain, area yang kosong dapat dianggap sebagai elemen desain grafis. Ruang kosong tersebut dapat dimanfaatkan sebagai ruang ventilasi atau juga sebagai pemberi kesan penekan pada objek visual yang ingin ditonjolkan.

4. Warna

Warna merupakan komponen yang tidak kalah penting dalam desain grafis. Adanya warna dapat memberikan makna sekaligus tema pada sebuah desain grafis. Komponen desain grafis ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu warna yang timbul dikarenakan sinar (RGB) dan warna yang dibuat dari unsur tinta (CMYK). Berdasarkan penelitian, terdapat sekitar 10 juta warna yang berbeda dapat dilihat dari mata manusia.

Baca Juga: Dakwah dan Dinamika Masyarakat Tradisional

5. Tekstur

Komponen terakhir yang biasanya digunakan sebagai pelengkap dari desain grafis adalah tekstur. Tekstur merupakan suatu komponen desain grafis yang merupakan tampilan atau karakteristik sifat dari suatu permukaan. Tekstur dapat dibiarkan sebagaimana adanya atau diolah sesuai dengan selera desainer. Jenis-jenis tekstur di antaranya adalah bersisik, licin, kasar, pudar, kusam, kilap, lembut, halus, berbulu, dan lain sebagainya.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Definisi dan Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya Dasar. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.


0 Response to " Komponen Penting Desain Grafis yang Harus Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel