-->

Manfaat dan Kandungan Gizi Keripik Belut Kribel Premium Khas Bojonegoro

fikriamiruddin.com - Belut dapat dikategorikan sebagai ikan. Belut juga seringkali diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Hal itu lantaran belut memiliki banyak sekali kandungan gizi yang tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi tersebut di antaranya adalah protein, zat besi, kalori, kalsium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.
Manfaat dan Kandungan Gizi Keripik Belut Kribel Premium Khas Bojonegoro

Belut juga memiliki kandungan mineral dan zat turunan protein yang lengkap. Sehingga dalam hal ini cukup bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, dan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, daging belut juga dapat membentuk hormon yang dapat mencegah terjadinya kanker seperti kanker payudara.

Sedangkan zat besi dalam belut bermanfaat untuk mencegah anemia, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan lemah, letih, dan lesu, membantu pertumbuhan tulang, serta mencegah osteoporosis. Kemudian kalori dalam belut bisa dijadikan sebagai sumber energi tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Keberadaan kalori ini tentu berkaitan erat dengan kebugaran jasmani seseorang.

Sementara itu, dengan kandungan protein yang tinggi, belut tentu sangat bermanfaat bagi anak-anak, remaja, dan ibu hamil demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Kemudian kandungan fosfor yang cukup tinggi bisa memperkuat tulang dan gigi. Sehingga dengan rutin mengonsumsi belut, maka dapat mencegah osteoporosis. Selain itu, belut juga mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A yang baik bagi mata.

Kemudian kandungan vitamin B bisa mendukung kesehatan otak dan produksi enzim-enzim yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan rutin mengonsumsi belut tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan saraf. Sementara itu, zat besi dalam jumlah tinggi bisa membantu menjaga kecukupan sel-sel darah merah di dalam pembuluh darah.

Sekedar informasi, jika tubuh kita kekurangan sel darah merah, proses pendistribusian oksigen dan nutrisi akan terganggu. Sehingga hal ini akan berimbas pada tubuh yang kurang bugar dan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Baca Juga: Napak Tilas Perjalanan Prabu Angling Dharma Raja Malawapati di Kabupaten Bojonegoro

Nah, untuk mengambil banyak manfaat dari belut ini, kini banyak sekali variasi dan inovasi yang diciptakan dari bahan dasar belut. Salah satunya dengan diolah menjadi camilan yang renyah dan gurih. Makanan ringan tersebut adalah keripik belut. Kita tentu sudah tak asing lagi dengan makanan yang diolah menjadi camilan berjenis keripik, mulai dari keripik tempe, keripik ceker, keripik jamur, keripik apel, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan namanya, keripik belut merupakan keripik yang terbuat dari belut yang digoreng dengan dibubuhi tepung yang telah diberikan bumbu. Untuk rasa originalnya biasanya berasa asin dengan aroma bawang yang gurih. Olahan keripik belut ini akan banyak kita jumpai di kawasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun, bagi kalian yang berada di Jawa Timur dan sekitarnya, kini kalian tidak usah jauh-jauh lagi untuk dapat menikmati olahan keripik belut ini. Hal itu lantaran di Kabupaten Bojonegoro sudah ada rumah produksi keripik belut ini dengan kemasan premium dan harga cukup terjangkau. Selain itu, terdapat tiga varian rasa di antaranya original, balado, dan pedas. Kini agen keripik belut kribel premium sudah tersebar di mana-mana, jadi tidak perlu lagi khawatir dengan ongkos kirim.

Keripik belut kribel premium adalah makanan ringan berkualitas yang terbuat dari olahan belut pilihan dan diolah secara higienis. Keripik belut kribel premium ini sudah dikelola secara profesional oleh tim kribel dan beberapa pemuda yang kompeten di bidangnya. Dengan berbasis home industri, tentu produk ini melibatkan sejumlah petani, pengepul belut, dan ibu rumah tangga dalam proses produksinya.

Banyaknya hasil petani belut di daerah Bojonegoro, seperti Mulyoagung, Bogo, Bakalan, dan Bendo yang belum dikelola secara baik dan profesional, menjadikan salah satu alasan Kribel ini hadir di tengah-tengah masyarakat. Sehingga selain cocok untuk segala jenis kegiatan  bersama dengan teman, pacar, atau keluarga, Kribel juga bisa dijadikan teman ngemil yang kaya protein dan gizi.

Adanya Kribel ini diharapkan bisa menyejahterakan petani belut dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang terlibat di dalamnya. Selain itu juga membuka lapangan kerja baik secara online atau offline, mengangkat harga belut dari petani dengan harga yang layak, dan memberi peluang mitra usaha dengan ibu rumah tangga, mahasiswa, serta seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat.

Baca Juga: Napak Tilas Ki Kriyakusuma (Empu Supagati) dan Sejarah Kayangan Api

Keripik Belut Kribel ini juga memiliki nilai tambah di antaranya camilan sehat, bersertifikasi halal MUI, memiliki perizinan produk industri rumah tangga (PIRT), dan diolah dengan air yang mengalir (suci). Sementara itu, penikmat Kribel ini mulai dari usia 17 sampai dengan 36 tahun, pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, PNS, traveller, dan lain sebagainya. Untuk mencoba sensasi kriuk, renyah, dan gurihnya bisa langsung pesan di sini.

Mungkin cukup sekian pembahasan kali ini, silahkan baca juga: Sekolah Seharusnya Menerapkan Pembelajaran Berbasis Kepedulian Lingkungan Hidup. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat dan Kandungan Gizi Keripik Belut Kribel Premium Khas Bojonegoro"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel