-->

Buat Apa Berpolitik? Apa Manfaat politik? Apa Harus Selalu Tentang Partai Politik?

gambar: kompasiana.com
fikriamiruddin.com - Mungkin kata “politik” bagi sebagian orang merupakan kata yang kurang enak didengar. Jika mendengar kata politik kebanyakan orang pasti akan terbayang muka para pejabat yang ada di TV yang sedang berebut kekuasaan. Tapi tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari sadar maupun tidak sadar kita telah melakukan kegiatan politik. Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman berpolitik saya tapi bukan tentang berebut kekuasaan ataupun partai politik. Misalnya politik yang sering saya lakukan seperti halnya mentraktir teman agar terkesan kita mempunyai sifat baik, menghadiri pernikahan teman padahal kita malas tapi demi menjaga hubungan baik di masa depan, membuat kesan baik dalam organisasi demi maksud tertentu. 

Jadi pengalaman politik saya yang kebetulan saya terapkan di organisasi yang saya ikuti. Jangan berfikiran politik itu kejam, licik, dll mulailah berprasangka baik dalam politik. Karena pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari pengaruh tindakan orang lain terhadap kita. Kita harus menyadari bahwa kesuksesan orang berorganisasi tidak hanya ditentukan oleh prestasi namun juga bagaimana kita bisa membangun hubungan yang baik dengan atasan ataupun rekan organisasi. Berdasarkan yang saya alami sebagus apapun prestasi kita dalam membangun organisasi namun jika atasan dan rekan organisasi kita telah mengecap kita sebagai orang yang menyebalkan tentu peran kita di organisasi ujung-ujungnya mentok dan tak dihargai juga.

Menurut pengalaman saya melakukan politik di dalam organisasi sendiri demi suatu tujuan tertentu bukan berarti harus saling sikut antar teman demi mendapatkan suatu reward atau posisi, jadi saya mulai melakukan politik tersebut dengan cara sederhana yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan sesama organisasi. Membuat diri terkesan orang yang dapat dipercaya, kompeten dan menyenangkan. Itu merupakan pengalaman saya berpolitik di organisasi demi suatu tujuan tertentu. 

Karena politik menurut pribadi saya adalah melakukan suatu hal demi mencapai sebuah kepentingan. Ketika berpolitik di organisasi saya mencoba tidak kelihatan bahwa saya adalah orang yang licik, suka mengambil keuntungan sepihak dari orang lain dan tukang sikut. Yang sering saya laukukan adalah simple seperti tidak pernah lupa mengucapkan selamat ulang tahun, menghadiri acara-acara penting organisasi, makan atau sering ngopi bareng dengan atasan dan rekan organisasi, dll. Jika hal-hal tersebut dilakukan secara konsisten maka otomatis saya telah menimbulkan kesan yang baik di organisasi. Mungkin itu sedikit pengalaman saya berpolitik di organisasi ambil positifnya saja dan lakukan yang terbaik hehehe.

0 Response to "Buat Apa Berpolitik? Apa Manfaat politik? Apa Harus Selalu Tentang Partai Politik?"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel