-->

Cara Memilih Logistik Pendakian Gunung

fikriamiruddin.com - Memilih logistik atau bahan makanan dalam aktivitas pendakian gunung yang tepat merupakan sebuah tahapan yang tidak kalah pentingnya dalam Manajemen Perjalanan Pendakian Gunung. Dalam proses memilih logistik dalam aktivitas pendakian ini hendaknya memperhatikan beberapa faktor-faktor di antaranya sebagai berikut:
Cara Memilih Logistik Pendakian Gunung

1. Lama Perjalanan

Lamanya perjalanan yang akan dilakukan mulai dari sebelum keberangkatan , mulai pendakian, hingga turun dan pulang kembali tentu sangat perlu dipertimbangkan dalam memilih logistik dalam pendakian gunung. Hal ini juga terkait dengan perkiraan jumlah pemakaian bahan bakar kompor. Lamanya perjalanan ini juga berkaitan dengan ketahanan bahan makanan yang dibawa dalam proses pendakian.

2. Jumlah Anggota

Jumlah anggota ini juga sangat mempengaruhi faktor pemilihan logistik pendakian gunung dikarenakan apabila jumlah anggota atau tim pendakian kita banyak, tentu bahan makanan atau logistik yang dibawa pasti juga akan bertambah banyak. Kecuali, apabila para anggota kelompok bertanggung jawab dengan logistik masing-masing untuk diri mereka sendiri, maka hanya perlu mempertimbangkan dan memilih apa kebutuhan masing-masing secara pribadi.

3. Daerah yang Dituju

Daerah yang dituju juga merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya dikarenakan ada daerah yang masih sulit untuk menjumpai toko serba ada atau swalayan sehingga kita harus belanja semua logistik yang dibutuhkan di daerah asal kita. Selain itu juga perlu mempertimbangkan gunung yang akan didaki apakah mempunyai sumber mata air atau tidak sama sekali.

4. Pantangan Masyarakat Setempat

Di beberapa daerah di Indonesia masyarakat setempat masih mempunyai beberapa pantangan-pantangan terhadap beberapa jenis makanan yang akan dibawa masuk ke dalam hutan rimba. Pantangan ini juga berkaitan dengan habitat hewan pemangsa yang masih banyak terdapat di daerah tersebut. Sebagai contoh di beberapa daerah di Sumatera, penduduk kaki gunung masih tabu untuk membawa makanan yang berbau anyir seperti daging mentah, telur, dan lain sebagainya untuk dibawa ke gunung atau hutan dikarenakan akan menarik perhatian beberapa hewan pemangsa.

5. Selera Anggota Rombongan

Menyesuaikan selera masing-masing anggota tim tentu akan membuat perencanaan logistik akan menjadi kompleks. Namun, poin ini tidak dapat dihilangkan begitu saja. Dalam hal ini diperlukan pembicaraan dan kesepakatan di antara anggota seperjalanan. Apakah ada yang mempunyai alergi terhadap suatu jenis makanan dan kemudian mencarikan solusinya.

6. Tipe Pendakian

Tipe pendakian dalam hal ini adalah apakah pendakian yang akan dilakukan lebih mengutamakan kecepatan dan pencapaian target dalam waktu singkat atau merupakan sebuah perjalanan santai dan mencapai target perjalanan dengan waktu yang cukup fleksibel. Jika kita menginginkan perjalanan pendakian dalam waktu yang singkat maka makanan dengan jenis praktis adalah solusi yang tepat. Namun, apabila perjalanan kita merupakan perjalanan yang santai maka tidak ada salahnya membawa logistik yang juga bisa memanjakan kita selama di perjalanan.

7. Berat

Faktor berat merupakan juga hal yang perlu menjadi perhatian kita dalam memilih logistik yang akan kita bawa selama perjalanan pendakian. Dengan mempertimbangkan faktor berat ini tentu tidak akan lepas dari rencana pendakian kita apakah seluruh beban akan kita bawa sendiri dan anggota yang lain atau mungkin dibawakan porter yang akan kita sewa jasanya.

Dengan memperhatikan beberapa faktor di atas tentu persiapan logistik kita pasti akan lebih baik dan dapat lebih efektif. Kepiawaian dalam perencanaan logistik juga tidak terlepas dari faktor sering tidaknya kita melakukan perjalanan pendakian gunung. Semakin sering kita mendaki gunung maka kita akan juga semakin banyak mendapatkan pengalaman dengan berbagai macam logistik yang sesuai menurut selera dan kecocokan kita. Mungkin itu saja yang dapat dibahas pada kesempatan kali ini, baca juga: Jenis Kompor Pendakian Gunung. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.
#SalamLestari

0 Response to "Cara Memilih Logistik Pendakian Gunung"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel