-->

Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

fikriamiruddin.com - Gunung Lawu adalah nama sebuah gunung yang terletak tepat di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Secara administratif terletak di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Karanganyar. Gunung Lawu ini termasuk jenis gunung stratovolcano, yang menurut catatan sejarah diperkirakan terakhir meletus pada tahun 1885. Setelah letusan tersebut, hingga saat ini status Gunung Lawu adalah gunung api istirahat. Gunung Lawu ini pula memiliki tiga puncak utama yang biasanya digunakan tujuan oleh para pendaki maupun peziarah yaitu Puncak Hargo Dumilah, Hargo Dumiling, dan Hargo Dalem dengan puncak tertingginya adalah Puncak Hargo Dumilah yang berketinggian 3265 Meter di Atas Permukaan Laut atau setara dengan 10712 kaki. Gunung Lawu ini pula terkenal sekali untuk kegiatan pendakian dan ziarah. Untuk dapat mendaki Gunung Lawu ini terdapat beberapa alternatif jalur pendakian diantaranya Jalur Pendakian Via Cemoro Sewu, Jalur Pendakian Via Cemoro Kandang, Jalur Pendakian Via Candi Cetho, Jalur Pendakian Via Jogorogo, dan Jalur Pendakian Via Singo Langu. Untuk rute termudahnya kita bisa memilih jalur pendakian Via Cemoro Sewu yang secara administratif terletak di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Untuk dapat sampai di pos pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu dari Surabaya apabila kita ingin menggunakan kendaraan umum kita dapat naik bus dari terminal Purabaya (terminal Bungur Asih). Dari Terminal Purabaya ini kita bisa naik bus jurusan Surabaya – Yogyakarta dengan turun di Terminal Maospati Magetan. Setelah sampai di Terminal Maospati ini ada beberapa alternatif, pertama, kita bisa naik angkutan lokal, akan tetapi biasanya tidak beroperasi sampai malam hari. Kedua, sekarang sudah tersedia bus dari Maospati yang melewati Basecamp Cemoro Sewu. Ketiga, apabila kita membawa banyak rombongan alangkah baiknya kita menyarter jasa mobil Pick Up atau L300. Sedangkan apabila kita ingin menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung saja manfaat kecanggihan teknologi Google Maps yang ada di ponsel, lalu ketikan kata kunci Pos Pendakian Cemoro Sewu. Setelah itu kita bisa mengikuti jalur yang sudah di sediakan oleh aplikasi. Apabila masih bingung dari arah Magetan kita bisa menuju ke arah Wisata Telaga Sarangan terlebih dahulu atau menuju Tawangmangu. Basecamp Cemoro Sewu ini sangat mudah sekali ditemukan dikarenakan letaknya yang berada tepat di pinggir Jalan Raya yang menghubungkan Kabupaten Magetan dan Kabupaten Karanganyar.

Setelah sampai di Basecamp kita bisa beristirahat terlebih dahulu atau mempersiapkan logistik dan peralatan kita untuk mendaki. Di basecamp ini juga terdapat beberapa warung dan rumah ibadah sehingga nyaman sekali untuk kita dapat melakukan apa pun. Di Cemoro Sewu ini pula kita juga dapat beristirahat di Basecamp yang sudah disediakan, sama seperti Basecamp yang terdapat di Gunung lainnya. Setelah semuanya siap kita bisa langsung saja mengurus registrasi dan perijinan dengan biaya Rp. 15.000,- per orang untuk sekali masuk. Setelah semuanya siap maka perjalanan dapat kita mulai.
Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
Basecamp Cemoro Sewu
Dari pos pendakian Cemoro Sewu ini kita akan melewati jalur bebatuan yang masih cukup landai dan teduh. Di sepanjang jalur menuju pos 1 ini akan banyak sekali kita temui pos banyangan dan beberapa warung yang kebanyakan banyak beroperasi di hari libur. Untuk sampai di Pos 1 ini kita hanya membutuhkan waktu sekitar 35 menit saja berjalan normal. Di Pos 1 ini pula terdapat sebuah pos atau shelter yang dapat digunakan beristirahat sementara. Akan tetapi jangan sampai mendirikan tenda di dalam shelter ya teman-teman.

Dari Pos 1 perjalanan dilanjutkan dengan trek bebatuan yang sudah mulai menanjak sedikit demi sedikit. Dan dalam perjalanan menuju pos 2 ini pula ini mulai memasuki hutan Gunung Lawu. Dengan jalur bebatuan yang berlika liku ini usahakan tetap behati-hati dikarenakan pada saat musim hujan bebatuan ini sangat licin sekali untuk dipijak. Sekitar berjalan kurang lebih 1 jam sampailah kita di Pos 2 yang juga ditandai dengan adanya shelter untuk berteduh yang tepat berada di sisi tebing.

Dari pos 2 perjalanan dilanjutkan dengan jalur masih relatif sama dan sesekali vegetasi terbuka, sehingga kita dapat melihat pemandangan di kanan dan kiri jalur. Setelah berjalan kurang lebih 1 setengah jam maka kita akan sampai di Pos 3 yang juga ditandai dengan adanya shelter yang dapat digunakan berteduh dan beristirahat sementara.

Dari pos 3 ini perjalanan dilanjutkan dengan medan bebatuan yang cuku menanjak dan menyerupai anak tangga. Tanda kita akan sampai di pos 4 adalah vegetasi sudah mulai terbuka. Dan untuk sampai di Pos 4 ini dari pos 3 kita membutuhkan waktu sekitar 1 setengah jam. Pos 4 ini berbeda dengan pos-pos sebelumnya yang ditandai dengan adanya shelter. Akan tetapi, di pos 4 ini berupa tulisan pos 4 yang terpasang di batang pepohonan.

Dari pos 4 ini vegetasi sudah mulai terbuka dan jalur bebatuan sudah tidak terlalu menanjak. Setelah berjalan sekitar 35 menit sampailah kita di pos 5. Di pos 5 ini pula terdapat beberapa warung yang bisa digunakan beristirahat apabila kita tidak membawa tenda. Dan apabila kita membawa tenda pos 5 ini adalah tempat yang cukup ideal untuk mendirikan camp. Selain itu di Pos 5 ini pula terdapat sebuah batu besar yang dapat digunakan untuk kita berfoto ria.
Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
Pos 5 Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
Dari pos 5 ini perjalan dilanjutkan dengan menyusuri tebing dengan jalur dengan vegetasi terbuka. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit maka kita akan sampai di Sendang Drajat. Sendang Drajat ini terdapat sumber mata air yang biasanya diambil oleh para peziarah dan para pendaki. Tak jauh dari sendang Drajat ini pula terdapat petilasan Prabu Brawijaya V atau Bri Kertabumi dan Warung Mbok Yem yang cukup fenomenal. Tak jauh dari sini juga kita akan menemui rumah kaleng yang tersusun dari botol para peziarah atau pendaki yang tertinggal.

Dari sendang Drajat ini untuk sampai di Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu menbutuhkan waktu sekitar 25 menit. Puncak Hargo Dumilah ini ditandai dengan adanya Tugu Gunung Lawu yang bertuliskan Gunung Lawu 3265 Mdpl. Silahkan berfoto ria dan menikmati puncak Gunung Lawu dari sini. Akan tetapi tetaplah jaga sikap dikarenakan kita di sini sebagai tamu. Dan janganlah berfoto sampai dengan naik di atas Tugu.
Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
Puncak Hargo Dumilah
Rincian Detail Perjalanan*
Surabaya - Basecamp Cemoro Sewu : Kurang Lebih 5 Jam
Pos Pendakian Cemoro Sewu - Pos 1 : 35 Menit
Pos 1 - Pos 2 : 60 Menit
Pos 2 - Pos 3 : 90 Menit
Pos 3 - Pos 4 : 90 Menit
Pos 4 - Pos 5 : 35 Menit
Pos 5 - Sendang Drajat : 10 Menit
Sendang Drajat - Hargo Dumilah 25 Menit
*NB : Waktu tempuh kondisional dan situasional tergantung kondisi fisik masing-masing pendaki dan kondisi cuaca
Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
View dari Puncak Gunung Lawu
Mungkin itu saja sedikit cerita yang bisa kami bagikan semoga bisa menginformasi serta menginspirasi kawan-kawan semua. Silahkan baca juga: Pendakian Gunung Butak Via Panderman.
#SalamLestari

1 Response to "Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel