-->

Teori Dalam Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Pemerintahan


 
Gambar : artikelsiana.com
fikriamiruddin.com - Miriam Budiardjo, Ilmu politik merupakan suatu keputusan yang diambil oleh seorang pelaku atau oleh kelompok politik dalam usaha memilih tujuan-tujuan dan cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut. Pada prinsipnya pihak yang membuat kebijaksanaan tersebut memiliki kekuasaan untuk melaksanakannya. Fungsi dan tujuan teori dalam ilmu politik itu sangat penting, selain untuk mengetahui makna politik juga sebagai sarana untuk merencanakan maupun menciptakan suatu pemerintahan yang baik. Berikut beberapa teori seperti paradigma fungsional struktural, paradigma radikal, dan paradigma komparatif dalam ilmu politik.


- Paradigma fungsional struktural adalah cara pandang mengenai sebuah fungsi struktur. Asumsi dasarnya adalah bagaimana menciptakan sebuah kondisi agar bisa berjalan secara dinamis dan harmonis. Contohnya : dalam sebuah pemerintahan, dimana di dalamnya terdapat pemimpin dan rakyat. Jika salah satunya tidak berfungsi bagaimana mestinya, maka dipastikan roda pemerintahan tidak akan berjalan secara maksimal.

- Paradigma Radikal adalah cara pandang yang menggambarkan dominasi Negara (penguasa) terhadap masyarakat melalui kekuasaan yang dimilikinya. Contohnya : penguasa bersifat dominan, terkonsentrasi secara sosial, dan dipersatukan dalam kepentingan-kepentingan politik maupun ekonomi.

- Paradigma Komparatif adalah sebuah cara pandang yang menggambarkan tentang perbandingan berbagai kepentingan yang diinginkan oleh negara dan kepentingan-kepentingan yang diinginkan oleh masyarakat. Contohnya : Masyarakat mempunyai keinginan untuk mendapatkan kehidupan yang layak sedangkan kepentingan Negara keinginan untuk memberikan kehidupan yang layak kepada masyarakat. 

Jadi, menurut hemat penulis kedudukan Teori dalam ilmu politik adalah sebagai dasar untuk berpandangan atau sebagai dasar agar tidak keluar dari pembahasan dan untuk menyelesaikan masalah dalam Ilmu Politik. Dan peran penting Teori dalam Ilmu Politik adalah sebagai dasar untuk berpandangan tentang Ilmu Politik.

0 Response to "Teori Dalam Ilmu Politik Dan Hubungannya Dengan Pemerintahan"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel